Jatik.com
to Inspire. be Social.

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Secara Alami

0 61

Anda mengalami gusi bengkak? Pasti sangat menyakitkan seperti saat sedang sakit gigi. Apa sih sebenarnya penyebab gusi bengkak itu? Dan bagaimana cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami? Berikut ulasannya.

Gusi bengkak adalah salah satu dari gejala gingivitis kronis atau dapat disebut juga peradangan gusi kronis. Kehadiran gusi yang membengkak tersebut membuat tidak nyaman dan bisa menjadikan penderitanya bad mood. Dunia rasanya ingin pecah kalau sudah terkena sakit gusi tersebut. Gusi bengkak pada umumnya juga disertai bau mulut.

Lalu, apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab gusi bengkak tersebut? Ada banyak faktor penyebabnya, diantaranya sebagai berikut:

#1 Tartar dan Plak

Ini salah satu faktor penyebab gusi bengkak. Apa itu plak? Plak merukan lapisan yang tidak terlihat di gigi dan gusi. Plak terbentuk dari bakteri yang ada di mulut.

Sedangkan tartar merupakan plak yang sudah mengeras atau lebih dikenal sebagai karang gigi. Terbentuknya tartar tersebut biasanya terjadi setelah plak ada lebih dari 10 hari.

#2 Iritasi

Penyebab lainnya dari gusi yang membengkak adalah alergi. Alergi terhadap apa? Biasanya reaksi alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung di pasta gigi, obat-obatan, kawat gigi, atau juga makanan. Reaksi alergi tersebut dapat menjadi penyebab iritasi yang memerah dan membengkak di jaringan gusi.

#3 Perbaikan gigi dengan cara kurang tepat

Jika Anda pernah melakukan perbaikan gigi seperti karena faktor usia gigi mulai merenggang, dan diperbaiki dengan cara salah, bisa menyebabkan sisa makanan terjebak di dalam sela-sela gigi tersebut. Sisa makanan yang terjebak di sela gigi tersebut seringkali susah untuk dibersihkan dan lama-lama dapat menjadi penyebab infeksi.

#4 Sisa Makanan

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, sisa makanan yang terselip di sela gigi hingga bawah gusi dapat menyebabkan bengkaknya gusi tersebut. Biasanya, setelah 1-2 hari sesudah makanan terselip.

Bengkaknya gusi akan mulai mereda jika sisa makanan tersebut sudah keluar.

#5 Faktor obat-obatan tertentu

Ada obat-obat tertentu seperti obat yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi bisa menjadi penyebab tumbuhnya jaringan gusi yang berlebihan sehingga tampak membengkak.

#6 Hormon

Faktor yang juga berpengaruh adalah hormon. Biasanya terjadi pada beberapa wanita karena perubahan kadar hormon sehingga menyebabkan gusi bengkak. Kondisinya terjadi pada saat kehamilan dan sifatnya sementara.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab gusi bengkak. Apakah Anda mengenali apa yang menyebabkan gusi Anda membengkak? Sebelum mengetahui cara menyembuhkan gusi bengkak, maka Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan gusi membengkak sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika gusi sudah membengkak, ada beberapa cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami tanpa harus mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Ingin tahu? Simak cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami berikut ini.

  • Menggunakan garam

Ya, garam dapat bermanfaat untuk menyembuhkan gusi membengkak secara alami. Ini karena kandungan yodium yang tinggi di dalamnya dapat berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab gusi bengkak dan juga sakit gigi.

Kandungan yodium garam juga dapat merontokkan karang gigi yang menjadi tempat bersarang bagi bakteri dan kuman. Sebagai tambahan, manfaat lain dari yodium garam ini juga untuk menghilangkan bau mulut.

Lalu, bagaimana cara memaksimalkan manfaat dari yodium garam untuk mengobati gusi bengkak tersebut? Mudah saja. Campurkan 2 sendok makan garam ke dalam segelas air. Lalu, gunakan cairan garam tersebut untuk berkumur sesudah menggosok gigi. Lakukan secara rutin hingga gusi bengkak mulai mereda.

  • Lemon

Cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Kandungan vitamin C yang ada di dalam lemon bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mengobati sariawan dan membunuh bakteri. Di dalam lemon juga terkandung asam yang sifatnya alkali alami sehingga menjadi penyeimbang pH di mulut.

Untuk mendapatkan manfaat lemon dalam mengobati gusi bengkak, mudah saja. Peras lemon lalu ambil airnya. Berikutnya, campurkan perasan air lemon tersebut dengan air hangat. Gunakan cairan ini dengan cara berkumur tiga kali sehari. Niscaya, gusi bengkak perlahan akan sembuh.

  • Jeruk Nipis

Apabila Anda tidak mendapatkan lemon, bisa menggantinya dengan jeruk nipis yang juga dipercaya ampuh dalam membasmi kuman / bakteri penyebab gusi bengkak, bau mulut dan sakit gigi. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk nipis caranya hampir sama dengan lemon sebelumnya.

Jeruk nipis diperas, lalu perasan tersebut dicampur dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur secara rutin setiap hari.

  • Daun Jambu Biji

Cara menyembuhkan gusi bengkak selanjutnya adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Di dalam daun ini terkandung manfaat antibakteri yaitu membunuh bakteri di mulut dan menjaga kesehatan mulut.

Untuk memaksimalkan manfaat tersebut tidak terlalu sulit. Anda bisa mengunyah daun jambu biji secara langsung. Alternatif lainnya adalah dengan merebus daun jambu biji dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

  • Belimbing Wuluh

Sama seperti bahan-bahan alami lainnya, belimbing wuluh juga memiliki manfaat untuk mengatasi gusi bengkak. Di dalam belimbing wuluh terkandung zat asam yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab gusi bengkak dan juga bau mulut.

Untuk penggunaannya pun mudah saja. Bisa langsung mengunyah belimbing wuluh yang masih mentah. Sebagai alternatif, bisa dengan cara menumbuk belimbing wuluh mentah dan langsung tempelkan pada gusi bengkak. Lakukan secara rutin, niscaya gusi yang bengkak akan mulai mereda.

===========

Itulah beberapa faktor penyebab gusi bengkak yang Anda harus ketahui sebelum mengetahui cara untuk mengobatinya. Semoga rasa sakit dari gusi bengkak yang Anda alami perlahan akan mereda dengan menggunakan alternatif pengobatan di atas.

Apabila gusi bengkak tidak kunjung sembuh, disarankan untuk segera periksakan kondisi gusi Anda tersebut kepada dokter gigi.

Sebagai bahan referensi lainnya, kunjungi www.meetdoctor.com.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.