Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Kue Putu Ayu Pelangi yang Lembut dan Enak

0 1.839

Jajanan tradisional yang menjadi favorit bagi sebagian besar anak-anak hingga dewasa, diantara sekian banyak kue tradisional, yaitu putu ayu. Ingin mencoba bagaimana cara membuatnya? Berikut kami sajikan resep kue putu ayu pelangi yang lembut dan enak disantap.

Sebelumnya, kami telah menyajikan bagaimana cara membuat kue putu ayu original. Salah satu varian dari kue putu yang juga banyak diincar oleh ibu-ibu di pasar tradisional maupun modern, kue putu ayu pelangi. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kue putu ayu biasanya. Corak pelangi membuat kue basah ini lebih menarik untuk disajikan dan disantap.

Bagi Anda yang mencoba tantangan untuk membuatnya sendiri di rumah, bisa menggunakan resep kue putu ayu pelangi berikut sebagai panduannya. Resep olahan dari Saudari Erlin Emelia memang layak untuk dicoba ibu-ibu di dapurnya masing-masing.

Resep Kue Putu Ayu Pelangi

Bahan utama dalam membuat putu ayu pelangi, diantaranya:

  • Telur ayam, 4 butir
  • Gula pasir, 200 gram
  • Tepung terigu berprotein sedang, 250 gram
  • Santan, 200 ml
  • Vanili bubuk, 1 sendok teh
  • Ovalet, ½ sendok teh
  • Garam, secukupnya
  • Pewarna makanan, sesuai dengan selera
  • Minyak untuk olesan cetakan, secukupnya
  • Kelapa parut, ½ butir

Setelah semua bahan kue putu ayu pelangi di atas siap, berikut langkah-langkah membuatnya.

Pertama-tama, kukuslah terlebih dahulu parutan kelapa yang sebelumnya sudah diberi garam. Kukus selama kurang lebih 5 menit. Parutan kelapa yang dikukus ini digunakan sebagai topping kue. Tidak dikukus pun tidak masalah, agar lebih tahan lama disarankan untuk dikukus saja.

Lalu, kocoklah gula, telur, ovalet, dan vanili dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Kocok sampai adonan memutih. Langkah berikutnya, santan dan tepung dimasukkan secara bergantian dengan tetap di-mixer berkecepatan sedang sehingga adonan bisa merata.

Adonan kemudian dibagi menjadi beberapa bagian dan berikan warna sesuai dengan selera Anda.

Langkah selanjutnya adalah memanaskan kukusan dan berikan olesan minyak goreng di cetakan agar saat hendak dilepas kue putu yang matang tidak lengket di cetakan.

Kemudian, masukkan kelapa yang sudah dikukus sedikit ke dalam cetakan putu di bagian atasnya. Lalu, berikan adonan sepertiga bagian cetakan. Putu dikukus sampai setengah mengeras dalam tempo waktu kurang dari 1 menit. Berikan adonan warna yang kedua dan kukuslah kembali. Berikan juga adonan warna yang ketiga.

Kue putu ayu pelangi sudah siap untuk disajikan dan disantap sebagai cemilan untuk anak-anak hingga dewasa. Selamat mencoba!

Referensi Tambahan: BacaResep

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.