Jatik.com
to Inspire. be Social.

Generasi Muda Gaul dan Keren, Generasi Anti Korupsi Bro!

0 337

Korupsi lagi..korupsi lagi… Banyak amat pejabat yang ditangkap karena korupsi yak…Gak kenal pandang bulu bro! Apakah bangsa ini sudah begitu bobroknya hingga korupsi pun susah diberantas. Apalagi yang lagi hot-hotnya, lembaga anti korupsi justru terus digembosi dari berbagai pihak yang tidak senang akan bersihnya negara ini dari korupsi. Kalo kamu sebagai generasi muda, apa sih yang harus dilakukan pemuda sebagai bentuk perlawanan kita terhadap korupsi? Kalau menurut Jatik sendiri, ruh / semangat anti korupsi sebaiknya tertanam dalam pribadi generasi muda saat ini agar negara ini di masa depan menjadi bebas korupsi. Kalo kamu ngaku keren, Say No to Corruption! But, how?

Selalu jujur pada diri sendiri

Sumber Gambar: http://kisahimuslim.blogspot.com/2014/08/pentingnya-sikap-jujur.html

Ya. Kejujuran faktor utama dari semangat anti korupsi yang harus ada pada kita sebagai generasi muda. Sebelum kita meminta orang lain jujur, kita harus bisa jujur pada diri sendiri terlebih dahulu. Jujur dari hal-hal sederhana, misalkan, jika kamu seorang siswa atau mahasiswa, maka kamu jujur untuk tidak melakukan kecurangan saat ulangan atau ujian. Jika kamu sudah bekerja dalam profesi apapun, maka kejujuran dalam pekerjaan adalah hal utama yang harus kamu lakukan. Di lingkungan keluarga, diperlukan kondisi yang mengharuskan setiap anggota keluarga bersikap jujur.

Peduli dengan kondisi lingkungan sekitarmu

Sumber Gambar: http://indonesia-peduli-sesama.blogspot.com/

Yap..bersikap cuek itu meninggalkan semangat anti korupsi dalam dirimu. Jika kamu sudah mampu jujur pada dirimu sendiri, maka mulailah untuk peduli dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitarmu. Di lingkungan keluarga, kamu harus selalu peduli dengan kondisi anggota keluargamu yang lain. Jika adik, kakak, keponakan, dan anggota keluarga lainnya selalu mendapat perhatian darimu, maka mereka pun akan juga peduli pada dirimu dan lingkungan sekitarnya.

Yuk disiplinkan diri kita mulai sekarang

Sumber Gambar: http://hilangjejak.blogspot.com/2013/05/jam-besi-rahasia-sukses-belanda.html

Seringkali, ketidakdisiplinan adalah awal dari korupsi kecil-kecilan yang tidak sadar dilakukan secara terus menerus. Contoh sederhana dari hal ini, tidak disiplinnya kita terhadap waktu, misal sering terlambat masuk sekolah atau kuliah. Inilah yang disebut dengan korupsi waktu. Jika kita menganggap korupsi waktu ini hal yang biasa, maka keburukan yang kecil jika dilakukan terus menerus akan melahirkan keburukan yang lebih besar, yakni korupsi dalam skala yang lebih besar. So, mulai disiplinkan diri kita dari hal-hal yang kecil dan dilakukan secara terus menerus.

Be a Responsible Person!

Sumber Gambar: https://greeaone.wordpress.com/2013/04/24/tanggung-jawab-seorang-pemimpin/

Jadilah orang yang bertanggungjawab dengan semua tindakan yang telah kamu lakukan. Ketika kamu melakukan kesalahan, maka bertanggungjawab terhadap kesalahan tersebut. Jangan lari dari kesalahan yang tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Seseorang yang bisa menunaikan tanggungjawabnya dengan baik walaupun kecil, maka akan bisa dipercaya oleh orang lain. Salah satu bentuk tanggung jawab yang bisa dilakukan sebagai pemuda yakni belajar dengan sungguh-sungguh, lulus tepat waktu dengan nilai baik, mengerjakan tugas akademik dengan baik, menjaga amanah dan kepercayaan yang diberikan

Mulailah hidup mandiri dari sejak dini

Sumber Gambar: http://majalahembun.com/mandiri-memutus-rantai-ketergantungan/

Korupsi terjadi karena ketidakmampuan seseorang untuk hidup secara mandiri, misalkan kemandirian secara finansial. Jika kamu sudah terbiasa hidup mandiri dari sejak kecil, misalkan dengan berjualan, dengan bekerja, dll. Kamu bisa hidup dari usahamu sendiri, tanpa harus terus bergantung pada orang lain.

Yuk, biasakan untuk hidup sederhana

Sumber Gambar: http://seftianchow.com/jika-tahu-menjalaninya-hidup-itu-sederhana/

Gaya hidup yang terlalu berlebihan juga merupakan awal terjadinya korupsi. Jika kamu terus mengikuti gaya hidup orang-orang di atasmu seperti bermewah-mewahan, menghambur-hamburkan harta, maka dirimu perlahan-lahan telah digerogoti virus korupsi. So, biasakan hidup sederhana, minimal dalam kehidupanmu sehari-hari.

Be a Brave Person! Berani karena Benar

Sumber Gambar: http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Brave_person_walking_out_on_the_glacier_point_ledge.jpg

Ungkapan yang seringkali kita dengar, tetapi sulit untuk kita lakukan. Berani melawan sesuatu jika itu memang benar adanya. Lawan korupsi, jika memang korupsi itu jahat. Akan tetapi, akuilah kesalahan, jika kamu memang melakukan kesalahan.

Kalo menurut kamu, gimana ya sebagai generasi muda agar memiliki semangat anti korupsi? Share yuk opini kamu disini.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.