Begini lho Cara Menulis dengan Menyenangkan & Menghasilkan Uang

0 169

Bagi penulis, menulis adalah sebuah kegiatan untuk mengekspresikan ide/gagasan yang ada dalam pikiran mereka yang tertuang dalam tulisan. Menjadi penulis, tentu bukan hal yang sulit, tetapi juga tidak mudah. Butuh ketekunan, kerja keras, dan fokus. Dengan menulis seperti ingin meluapkan energi yang ada di dalam diri, sehingga setelah tulisan tersebut keluar, maka jiwa menjadi lebih damai. Yang utama dari menulis dengan cara menyenangkan adalah menulis dengan hati. Keluarkan semua yang ada di dalam hatimu.

Banyak juga, penulis yang bermimpi pada suatu saat nanti, hasil karya mereka akan menjadi sebuah keuntungan yang menghasilkan uang. Menulis bukan hanya berbicara tentang hobi, tetapi juga penghasilan untuk membiayai hidup. Banyak cara bagaimana menjadi seorang penulis yang memiliki pendapatan berlimpah. Tengok saja sosok penulis muda Raditya Dika. Dengan ketekunannya menulis dalam sebuah blog, kini, Raditya Dika menjadi penulis terkenal dengan berbagai karya bukunya menghiasi toko-toko buku di seluruh Indonesia. Demikian juga, penulis-penulis terkenal lainnya, yang memiliki kesamaan bahwa di awal-awal mereka juga belajar, tekun, dan kerja keras menulis.

Lalu, bagaimana caranya menulis dengan menyenangkan tetapi juga menguntungkan?Menjadi seorang penulis di surat kabar (jurnalis) juga merupakan salah satu opsi. Kamu dibayar oleh surat kabar, tetapi, untuk menjadi penulis surat kabar atau majalah, kemungkinan besar kebebasan kamu berekspresi agak kurang, karena seringkali diatur dan diarahkan oleh redaktur. Menulis lepas (freelance writer) kebalikannya, kebebasan berekspresi memang lebih banyak, tetapi tidak ada kepastian tentang penghasilan. Kamu juga bisa menulis untuk sebuah penerbitan, penghasilan pun cukup lumayan dari buku yang berhasil terjual. Tetapi, di era serba digital saat ini, buku pun mulai banyak ditinggalkan oleh pembacanya. Banyak yang beralih pada internet, sebagai salah satu opsi media menulis.

Sekarang mari fokus untuk menulis dengan melalui media internet. Jangan menulis untuk siapa pun kecuali dirimu sendiri. Kamu akan mendapat keuntungan suatu saat nanti dari menulis yang sesuai minatmu. Jangan khawatir tentang pasar atau editor. Menulis untuk diri sendiri, tidak hanya akan menjadi lebih menyenangkan dan bermanfaat bagimu, tetapi untuk rekening kamu juga.

Sebenarnya, menulis dengan media internet saat ini menjadi alternatif yang cukup mudah dan murah. Kamu hanya butuh akses internet untuk menerbitkan tulisanmu melalui blog. Yang pasti, menulis dengan hatimu yang sesuai minat dalam dirimu. Kamu pun bisa bebas berekspresi dan tentu dapat dilakukan di rumah sekalipun, tidak harus capek-capek berpanasan ke kantor. Lalu, bagaimana dengan penghasilannya? Untuk awal-awal, memang tidak terlalu banyak yang bisa dihasilkan. Ini wajar, karena tahap awal merupakan proses perjuanganmu yang berdarah-darah.

Yang pasti, menulis dengan cara seperti ini bukanlah skema instan untuk menjadi kaya mendadak. Akan butuh waktu yang cukup lama untuk dapat menghasilkan keuntungan. Jika kamu terus fokus dan konsisten dalam menulis di blog, perlahan tapi pasti penghasilanmu akan tumbuh pesat setiap bulannya. Kamu pun dapat mengandalkan penghasilan tersebut dan dapat ditingkatkan terus menerus. Pastinya, semua kontrol ada dalam dirimu. Bukan orang lain yang mengkontrolmu dan tulisanmu.

menulis
7 Langkah Menulis Menyenangkan dan Menghasilkan Uang

Berikut langkah menulis dengan menyenangkan dan menghasilkan uang:

1. Mendaftar akun Blog

Pertama hal yang harus kamu lakukan adalah membuat akun blog di salah satu situs blogging gratis yang tersedia secara online. Pilihannya sangat beragam, ada Blogspot (Blogger), WordPress.com, dll. Yang terpenting semuanya gratis. Tetapi, direkomendasikan untuk menggunakan Blogspot karena bisa dioptimalkan mendapatkan penghasilan tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra.

Di dunia online, yang terpenting dalam sebuah tulisan adalah konten. Fokuskan konten-konten yang menarik dan banyak dicari oleh orang. Dan jangan lupa, tetap sesuaikan dengan minat yang ada dalam dirimu. Misalkan, kamu suka dengan bola, maka tulislah tentang dunia bola. Jika mampu, tulis dalam bahasa Inggris. Kenapa? Karena tulisan dengan konten bahasa Inggris memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada berbahasa Indonesia. Karena kamu akan bisa “menjual” blogmu dengan pengunjung berbahasa Inggris.

2. Konsisten dan Fokus dengan 1 Blog di Awal

Jangan membuat banyak blog sekaligus dalam satu waktu. Untuk awal mula, buatlah satu blog dan kemudian kembangkan dengan terus banyak menulis konten-konten yang unik dan berkualitas. Jangan sekali-kali copy paste tulisan dari website orang lain. Karena itu akan merugikan dirimu sendiri ke depannya. Google tidak akan menempatkan blogmu di halaman utama mesin pencarian mereka. Fokus dengan tulisan yang sesuai dengan tema blog dan tema-tema lainnya yang masih terkait dengan tema utama tersebut. Misalkan, tema blog kamu tentang bola, kamu bisa menulis tentang kisah pemain bola, klub bola, perusahaan sponsor bola, berita bola, dll.

3. Mulai belajar tentang SEO (Search Engine Optimization)

Disini kamu tidak sekedar menulis. Tetapi juga harus mencari ilmu bagaimana tulisanmu tersebut bisa optimal di mesin pencari. Kamu harus belajar banyak tentang SEO. Banyak website yang memberikan kursus gratis tentang SEO. Pelajari benar-benar bagaimana teknik SEO yang baik dan menjual. Jangan khawatir, mungkin di awal-awal, blog kamu memang kurang menjual, tetapi dengan optimalisasi SEO yang bagus, maka ke depannya blog kamu akan mendapatkan trafik yang bagus dan bernilai jual tinggi.

4. Jika sudah memiliki trafik lumayan, mulai gunakan Domain pribadi

Domain, merupakan salah satu faktor penting untuk branding blog personal kamu. Jika kamu menggunakan Blogspot, maka domain yang kamu miliki hanya subdomain yang sulit untuk diingat dan kurang memiliki kredibilitas. Domain akan membantu blogmu menjadi lebih personal dan menjual. Oh ya, Cek disini untuk tips memilih nama domain.

5. Monetize blog kamu dengan banyak cara

Jika blog kamu sudah menunjukkan performa yang bagus, maka saatnya me-monetize (menghasilkan uang dari blog). Ada banyak pilihan yang bagus untuk menghasilkan uang dari blog kamu. Terlebih lagi, jika blog kamu berbahasa Inggris dan memiliki pengunjung yang tinggi. Kamu bisa memilih Pay Per Click (PPC) semacam Google Adsense sebagai opsi pertama monetize blogmu.

Atau, bisa juga mendaftar akun afiliasi ClickBank yang merupakan sarana menjual produk digital. Atau bisa juga sistem afiliasi semacam Commission Factory, dll. Kamu juga bisa mengkombinasikan banyak pilihan ini dalam satu blog kamu. Potensi penghasilanmu pun akan semakin tinggi untuk mendapatkan uang. Tetapi, jangan buat secara berlebihan. Pasanglah iklan senatural mungkin, karena pengunjung tidak suka dengan blog yang banyak iklan, sangat mengganggu.

6. Investasikan sebagian penghasilanmu, untuk beriklan

Ya. Kini saatnya kamu mempromosikan blog kamu agar bisa menjadi lebih baik lagi performanya. Kamu bisa beriklan menggunakan media iklan semacam Google Adwords, atau Facebook Ads. Keduanya merupakan media periklanan yang paling ampuh. Dengan beriklan, blog kamu akan semakin mendapatkan banyak trafik dan pelanggan potensial.

7. Jika blog pertama performanya sudah bagus, saatnya membangun blog kedua

Mulai pertimbangkan untuk membuat alternatif penghasilan dengan membuat blog kedua. Kamu bisa menulis tema-tema yang masih terkait dengan blog pertama atau memilih tema yang sama sekali berbeda. Yang pasti, kamu masih memiliki passion yang kuat di tema tersebut. Langkah yang diambil pun hampir sama ketika kamu membangun blog pertama. Kamu bisa memiliki berapa blog yang dibangun dengan bertahap, tetapi yang terpenting kamu bisa mengelola semua blogmu tersebut dengan baik. Jangan sampai, blog-blog tersebut terbengkalai, dan akhirnya tidak menghasilkan apapun buat kamu.

Ketujuh langkah diatas merupakan cara yang bisa kamu praktikkan untuk bisa menulis dengan menyenangkan dan menghasilkan uang. Yang pasti, tidak semuanya bisa menghasilkan secara instan, butuh proses untuk membangunnya. Tetap fokus dan konsisten. Selamat menulis!

Loading...