Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Ayam Bakar Solo Enak Buanget!

0 3.148

Akhir pekan emang pas kalau bikin acara khusus di rumah, apalagi kita bisa kasih kejutan buat keluarga dengan menu masakan endes yang gampang banget bikinnya. Salah satunya resep ayam bakar Solo super lezat ini. Mau cobain di rumah? Ikuti cara membuatnya berikut ini.

Bisa banget bikinnya bareng-bareng bersama keluarga, bakar-bakaran gitu di rumah biar semakin harmonis antar anggota keluarga. Resepnya pun tak terlalu sulit, bisa dipanggang dengan teflon juga lho.

Kalau ada tamu atau kerabat yang datang berkunjung ke rumah, cocok banget kalau disuguhin menu makan siang ayam bakar ini. Gurih, manis, dengan rasa daging ayam yang empuk, emmm.. bikin lidah pengen menyantap terus deh.

Udah gak usah lama-lama lagi, simak aja resep ayam bakar Solo dan langkah-langkah membuatnya berikut ini.

Resep Ayam Bakar Solo (Teflon)

Oleh: @Bumbu.Bude

Untuk membuat ayam bakar Solo yang enak, siapkan beberapa bahan utama dalam daftar berikut:

  • Ayam, ½ ekor
  • Ketumbar bubuk, ½ sendok teh
  • Kemiri dihaluskan, 3 buah
  • Bawang merah Bumbu Bude, 1 sendok teh
  • Bawang putih Bumbu Bude, 1 sendok teh
  • Cabe merah Bumbu Bude, ½ sendok makan (atau sesuaikan dengan selera pedas Anda)
  • Daun salam disobek, 3 lembar
  • Gula merah dihaluskan, ½ buah
  • Serai dimemarkan, 1 batang
  • Lengkuas dimemarkan, 2 ruas
  • Air, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Kecap manis, sesuai selera

NB: Untuk mendapatkan Bumbu Bude, bisa langsung hubungi Bunda Dewi Lestari.

Jika semua bahan diatas sudah siap, kini saatnya mulai mengolah bahan tersebut menjadi masakan ayam bakar super lezat. Berikut cara membuat ayam bakar Solo lezat.

Langkah pertama adalah mencampurkan semua bahan menjadi satu, sambil diaduk-aduk rata. Kemudian, ungkep sampai ayam menjadi matang. Diamkan selama kurang lebih setengah jam agar bumbu meresap sampai ke dalam daging ayam.

Berikutnya, panaskan teflon dan gunakan api kecil. Pangganglah ayam yang sudah dibumbui tersebut di atas teflon sampai berwarna kecokelatan. Angkat dan siap untuk disajikan bersama dengan nasi hangat dan sambal.

Mudah bukan membuat ayam bakar Solo ini? ‘Tuk pelengkap sambalnya, Anda bisa mengecek resep aneka sambal ini. Ayam bakar Solo ini pasti disukai oleh semua anggota keluarga. So, selamat bakar-bakaran ayam ya bersama keluarga!

Ingin mencoba resep ayam bakar Wong Solo? Bisa dibaca disini.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.