Jatik.com
to Inspire. be Social.

Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan. Yuk Cek 6 Tips ini!

Hidup sehat itu susah? Gak juga kok! Dengan menerapkan keenam tips ini, hidupmu akan jauh lebih sehat dan fit.

0 16

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh sehat, namun seiring dengan bertambahnya kesibukan, terkadang kita menjadi lupa menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan. Pada akhirnya, kita jadi terjangkit berbagai macam penyakit dan tidak jarang penyakit tersebut adalah penyakit serius.

Apabila sudah terkena penyakit, maka akan ada banyak hal yang merepotkan. Kita harus mengeluarkan biaya untuk pergi ke dokter dan membeli obat-obatan. Aktifitas juga menjadi tertanggu dan yang pasti kita akan merepotkan orang lain karena mereka harus merawat kita. Ini adalah sebagian hal-hal merepotkan yang akan muncul. Untuk menghindari hal tersebut maka lebih baik kita mengubah pola hidup kita menjadi pola hidup sehat.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Saat ini pola hidup sehat telah menjadi gaya hidup kebanyakan orang, namun apakah kamu tahu pengertian dari pola hidup sehat? Pola hidup sehat adalah usaha seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin dan serat, dan istirahat yang cukup.

Mungkin beberapa dari kamu menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit dilakukan. Namun sebenarnya, ada beberapa cara mudah untuk menjaga diri kita agar tetap sehat.

Di bawah ini ada beberapa tips pola hidup sehat yang bisa mulai kamu terapkan dari sekarang.

1 Perbanyak Olahraga

Perbanyak Olahraga
Kredit Gambar: pantagraph.com

Membiasakan diri untuk rutin berolahraga bukan hanya menjadi kewajiban bagi orang dengan usia muda saha, olahraga adalah kegiatan yang penting dilakukan oleh seluruh kalangan usia. Berapa pun usia kamu, usahakan untuk tetap aktif secara fisik. Berolahraga memang terkadang melelahkan, apalagi untuk kamu yang memang tidak terbiasa berolahraga. Maka dari itu, banyak dari kita yang malas untuk berolahraga.

Padahal olahraga sangat penting untuk tubuh kita. Olahraga memiliki banyak sekali manfaat yang dapat menjaga badan agar tetap sehat. Berolahraga juga bisa kamu lakukan dengan melakukan olahraga kecil seperti melakukan pemanasan saat bangun tidur atau berlari kecil mengelilingi rumah.

Atau kamu juga bisa menyalurkan hobimu sebagai olahraga rutin, misalnya seperti aerobik, futsal, basket, renang, bersepeda, dan masih banyak lagi. Agar kegiatan olahragamu lebih menyenangkan, maka kamu bisa mengajak teman atau kerabatmu untuk olahraga bersama.

2 Istirahat Yang Cukup

Istirahat Yang Cukup
Kredit Gambar: nutritiouslife.com

Tidak kebiasaan berolahraga saja yang perlu kita perhatikan, jadwal beristirahat juga termasuk hal penting yang harus kamu perhatikan. Selain menjaga tubuh tetap sehat, tidur juga bermanfaat untuk mempertajam ingatan lho! Menurut National Sleep Foundation orang dewasa muda dengan umur 18-25 tahun membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam.

Kebutuhan tidur orang memang berbeda-beda sesuai tahap perkemabngan yang dijalani namun apabila kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka kamu berpotensi terkena penyakit mematikan seperti kanker dan jantung.

Namun jangan salah tangkap, tidur berlebihan juga sangat tidak baik untuk kesehatan. Menurut beberapa studi, tertidur lebih dari delapan jam secara konsisten dapat menunrunkan tingkat konsentrasi. So, untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaat tidur pastikan untuk tidur tidak lebih dari 7-9 jam setiap malam ya!

3 Konsumsi Makanan yang Kaya akan Gizi

Konsumsi Makanan yang Kaya akan Gizi
Kredit Gambar: rd.com

Makanan termasuk faktor penting dalam menjalani pola hidup sehat. Hindari makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut akan menimbulkan efek panjang yang berbahaya bagi tubuh. Sebagai gantinya, mulailah biasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang rendah gula, kaya vitamin, dan serat.

Mulailah dengan membiasakan diri mengonsumsi satu porsi buah atau sayur, lalu seminggu kemudian tambah satu porsi lagi hingga kamu mengonsumsi 5-6 porsi dalam satu hari.

Mengonsumsi makanan sehat tidak selamanya harus merebus atau makan langsung makanan tersebut kok, kamu bisa mengubahnya menjadi smoothie atau healthy bowl yang saat ini bisa kamu dapatkan di restoran terdekat.

Apabila kamu khawatir dengan harga yang di tawarkan, kamu bisa mencari diskon atau menggunakan aplikasi pemberi cashback seperti Cashbac. Jadi kamu bisa hidup sehat tanpa harus mengkhawatirkan pengeluaranmu.

4 Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih
Sumber : healthline.com

Tidak hanya kesehatan badan saja, namun untuk menjalani pola hidup sehat kita juga perlu untuk menjaga kesehatan mulut. Biasanya hal ini baru diperhatikan apabila penyakit gigi dan mulut sudah menyerang. Padahal kesehatan mulut sangat berkaitan erat dengan kesehatan tubuh kita. Maka baiknya kamu perbanyak minum air putih karena dengan mengonsumsi air putih.

Meski pun hanya air putih namun kamu tidak boleh meremehkan manfaatnya lho! Air putih memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah menjaga kadar cairan tubuh agar tidak mengalami gangguan pencernaan dan penyerapan makanan.

Air putih juga bermanfaat untuk membantu mengeluarkan sisa makanan melalui keringat, urine, dan kotoran. Selain itu masih banyak manfaat air putih yang bisa kamu dapatkan. Pastinya, air putih akan membantu kamu menjalani pola hidup sehat!

5 Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat Gigi Secara Teratur
Sumber : menshealth.com

Seperti yang sudah dikatakan di atas kalau kesehatan mulut sangat berkaitan dengan kebugaran tubuh. Mulut adalah bagian tubuh yang lembab karena itu mulut adalah tempat bakteri berkembang biak secara cepat. Maka dari itu, untuk menghindari bakteri berlebih biasakan diri untuk menyikat gigi secara teratur terutama setelah makan. Pilihlah sikat gigi secara tepat. Apabila bulu-bulu sikat gigi sudah mekar maka sebaiknya kamu segera ganti meskipun kamu baru memakainya kurang dari 3 bulan.

Cara menyikat gigi pun harus kamu perhatikan. Pegang sikat gigimu dengan sudut 45 derajat mengarah ke gusi, dan lakukan dengan gerakan melingkar. Ingat, kamu tidak perlu menyikat gigi secara berlebihan. Lakukan 10-15 kali sikatan per gigi, sementara durasi sikat gigi yang direkomendasikan adalah 2 menit.

6 Berpikir Positif

Berpikir Positif
Sumber : drjudithorloff.com

Siapa sangka berpikir positif dapat membantu kamu menjalani pola hidup sehat? Faktanya, dengan berpikir positif kamu dapat membangkitkan aspek positif pada diri, baik yang berupa semangat, potensi, atau keyakinan diri sehingga memunculkan perilaku dan hal baik yang menjadi sistem berpikir.

Hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti, hasil beberapa studi menyatakan bahwa berpikir positif memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Dengan berpikir kamu bisa menjaga tubuhmu agar tetap sehat dan merasa lebih bahagia sehingga kamu akan menjadi orang yang jauh lebih produktif. Selain itu berpikir positif juga dapat memberikan pengaruh secara keseluruhan pada tubuh sehingga mampu memperpanjang usia lho!

============

Menjaga kesehatan adalah kewajiban setiap orang dan salah satu caranya adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Dengan menjalani pola hidup sehat maka kita akan menjadi terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk kamu yang baru menjalani pola hidup sehat pada awalnya memang akan terasa sedikit sulit namun kamu hanya cukup disiplin untuk membiasakannya.

Nah itu dia tips dan trik untuk menjalani pola hidup sehat. Tunggu apalagi? Kamu bisa memulainya dari sekarang, jadi tips nomor berapa yang ingin kamu coba duluan?

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.