Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Roti Maryam Empuk dan Lezat. Suka?

0 149

Salah satu roti yang diadopsi dari Timur Tengah ini bisa jadi sajian nikmat buat pengisi waktu luang. Penasaran bagaimana cara membuat roti maryam? Gak usah bingung, catat aja langsung resep roti maryam empuk dan lezat ini.

Resep roti maryam empuk dan lezat ini merupakan resep kiriman dari Ummu Sa’ad Ahliyah Mukhlis. Dan pastinya sudah diuji coba langsung.

Bisa disajikan saat kapanpun, pagi hari ataupun sore hari di waktu santai. Dengan pendamping teh manis hangat, akan semakin melengkapi kenikmatannya.

Tertarik untuk mulai membuatnya? Catat dahulu resep roti maryam empuk berikut ini.

Pertama-tama, siapkan dahulu beberapa bahan utama untuk membuat roti maryam, antara lain.

  • Tepung protein tinggi (pakai merek Cakra), 1 kilogram
  • Garam, 1 sendok teh
  • Minyak goreng, 175 cc
  • Telur utuh dan kuning telur, masing-masing 2 butir
  • Susu bubuk, 27 gram atau 4 sendok makan (bisa pakai merek apapun)
  • Gula pasir, 3 sendok makan (jika mau tidak terlalu manis, tidak pakai juga boleh)
  • Air hangat, 450 cc
  • Minyak untuk mencelupkan adonan, secukupnya
  • Margarin untuk olesan, secukupnya

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, berikut ini cara pengolahan resep roti maryam step by step.

Pertama-tama, telur dikocok sampai merata, tambahkan gula, air hangat, minyak, dan garam. Kocok kembali sampai tercampur semua dan merata.

Berikutnya, masukkan susu dan tepung ke dalam kocokan tadi. Uleni adonan sampai menjadi kalis dan tidak lengket. Kurang lebih setengah jam hingga menjadi kalis.

Kemudian, bentuk adonan bulat-bulat kecil, kira-kira 90 gram atau sesuai dengan selera. Kalau 90 gram bisa dibuat sekitar 22 buah roti.

Setelah bulatan terbentuk, celupkan adonan ini ke dalam minyak goreng dan letakkan di loyang atau nampan. Jangan lupa untuk menutupnya dengan plastik dan diamkan selama ± 4 jam.

Langkah berikutnya, lumuri tangan kita dengan minyak. Lalu, ambil 1 bulatan, banting ke meja yang telah diolesi minyak. Bisa menggunakan kertas minyak untuk alasnya.

Bulatan adonan ini ditekan-tekan agar menjadi lebar dan tipis. Selanjutnya, margarin oleskan ke seluruh bagian permukaan adonan. Gulung tipis-tipis dan sisihkan. Lakukan pada semua adonan hingga habis.

Setelah itu, ambil gulungan adonan yang pertama kemudian tarik sampai molor panjang. Gulung seperti obat nyamuk dari ujung-ujungnya dengan arah yang berlawanan sehingga membentuk huruf S. Lalu, satukan dan tumpuk di tengah, lakukan sampai adonan habis.

Adonan pertama diambil dan ditekan serta dipipihkan kurang lebih 1 cm. Lalu, panggang dengan teflon menggunakan api kecil sambil ditekan-tekan agar berbentuk bulatan.

Resep roti maryam empuk sudah jadi dan siap untuk dihidangkan di tengah-tengah keluarga.

Jika ingin menyimpan roti maryam ini di dalam freezer, sebaiknya memanggangnya setengah matang saja. Setelah dingin, diolesi dengan margarin tipis-tipis. Jadi, saat mau dikonsumsi tinggal langsung dipanggang saja.

Mudah bukan resep roti maryam empuk atau biasa disebut roti canai di atas? Yuk langsung praktekkan!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.