Stop Merokok Susah? Coba 6 Tips Mudah Cara Berhenti Merokok ini Guys!

1 247

Jika Anda seorang perokok saat ini, bisa jadi berhenti dari sebuah kebiasaan akan sangat sulit dilakukan. Tetapi, jika anda bisa menggunakan akal sehat dengan baik, berhenti dari kebiasaan merokok merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup yang akan berguna untuk kehidupan anda selanjutnya. Jika memutuskan untuk berhenti merokok mulai dari sekarang, kemungkinan besar akan sangat berdampak positif bagi kesehatan anda maupun orang di sekitar anda. Mungkin anda sedang mencari cara berhenti merokok yang paling efektif saat ini. Artikel ini akan coba membantu memberikan solusi bagi Anda.

Memang banyak perokok yang telah berusaha untuk mencoba berbagai cara berhenti merokok dan selalu gagal. Tetapi, bukan berarti itu sesuatu hal yang mustahil dilakukan. Ribuan, bahkan jutaan, perokok aktif di luar sana telah memutuskan untuk berhenti merokok dan berhasil. Anda bisa menjadi salah satu bagian orang yang sukses berhenti menjadi perokok aktif. Salah satu kerugian bagi seorang perokok, adalah ketidakharmonisan dalam hubungan. Setiap orang yang telah berhasil tentu memiliki cara berhenti merokok yang berbeda-beda.

Berikut ini enam tips mudah cara berhenti merokok yang akan membantu anda untuk stop merokok untuk seumur hidup. Apa saja?

cara berhenti merokok
6 Tips Mudah Cara Berhenti Merokok

1. Membuat sumpah bahwa Anda akan berhenti merokok dari hari ini dan seterusnya

Kesuksesan dalam semua bidang kehidupan dimulai dengan tekad kuat. Jika plin-plan / tidak memiliki tekad yang kuat, Anda tidak akan pernah bisa melakukan apa-apa. Termasuk salah satunya keputusan penting untuk berhenti merokok. Namun, jika anda memiliki keyakinan kuat bahwa dengan melakukan keputusan terpenting dalam hidup untuk berhenti merokok, maka keberhasilan ada di depan mata. Mulailah dari dalam diri anda sendiri dengan bersumpah tidak akan merokok kembali.

2. Perbanyak aktivitas olahraga dan berbagai kegiatan positif

Cara berhenti merokok selanjutnya yakni dengan memperbanyak aktivitas olahraga. Jika anda mengisi waktu luang hanya dengan duduk diam, maka potensi untuk menyalakan rokok dan bersantai akan lebih besar. Ganti pola hidup dengan aktivitas olahraga yang menyehatkan. Aktivitas olahraga akan membantu melancarkan pernapasan, meredakan keinginan untuk merokok, dan berbagai segi positif lainnya. Jika anda bukan termasuk tipe orang yang melakukan olahraga berat, maka bisa dilakukan dengan olahraga yang sederhana seperti jalan cepat atau lari.

3. Hindari tempat / hiburan / lingkungan yang berpotensi membuat anda merokok

Pembenahan dari dalam diri anda tentu akan sangat sulit berhasil jika orang / lingkungan di sekeliling anda tidak mendukung untuk berhenti merokok. Jika anda terbiasa pergi ke tempat hiburan yang banyak perokok, tentu lama-lama akan terpengaruh juga. Atau berada di dalam lingkungan pertemanan yang kebanyakan perokok aktif, maka anda akan kesulitan untuk berhenti merokok. Maka, hindari tempat / lingkungan seperti ini untuk sementara waktu, sampai anda yakin 100% telah stop merokok.

4. Jika Anda harus memasukkan sesuatu ke dalam mulut, minum air atau makan makanan ringan yang sehat

Setiap kali Anda memiliki keinginan untuk menghirup rokok di mulut, segera ganti dengan sesuatu yang akan membantu memenuhi keinginan tersebut. Minum air sepanjang hari tidak hanya cara yang baik untuk membantu anda berhenti merokok, tetapi juga cara yang bagus untuk tetap sehat. Anda harus minum 4 liter (liter) air per hari, jika mampu melakukannya. Jika perlu memasukkan sesuatu yang lebih padat dalam mulut Anda, makanlah sepotong buah, atau kunyah permen.

5. Dapatkan dukungan dari teman dan keluarga

Cara berhenti merokok yang bagus adalah dengan mendapatkan dukungan penuh dari keluarga/teman/pasangan anda. Katakan kepada mereka bahwa anda berhenti merokok karena alasan kesehatan. Teman sejati tentu akan mendukung dan tidak akan menawarkan rokok. Keluarga / pasangan yang mencintai akan selalu mendukung usaha anda untuk berhenti merokok. Komunikasikan dengan baik kepada mereka, pasti mereka 100% akan mendukung penuh.

6. Lakukan ibadah / yoga / meditasi

Jika sebelumnya salah satu cara berhenti merokok adalah dengan melakukan aktivitas fisik melalui olahraga, maka aktivitas membangun ketenangan jiwa juga perlu dilakukan. Kenapa? Bukan tidak mungkin, alasan anda merokok karena banyaknya beban dalam hidup yang membuat stress. Jika stress, anda bisa mengatasinya dengan tips ampuh ini. Selain itu, perbanyak ibadah sholat dan puasa (bagi muslim) atau aktivitas seperti yoga dan meditasi yang sangat bagus untuk membentuk ketenangan jiwa.

Ikuti enam tips cara berhenti merokok di atas. Anda juga bisa mengikuti tips tambahan cara berhenti merokok disini. Pastinya, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Jika anda memiliki cara yang lebih ampuh untuk berhenti merokok, boleh di-share disini, agar orang lain juga bisa sukses untuk berhenti merokok.

Loading...