Jatik.com
to Inspire. be Social.

Punya Rencana Beli Rumah Baru? Simak 5 Tips ini Agar Tidak Menyesal

0 106

Setiap individu pastinya berkeinginan memiliki kehidupan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Termasuk kehidupan yang lebih baik dalam memilih tempat tinggal baru. Jika Anda sudah memiliki rencana beli rumah baru, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Membeli rumah mungkin menjadi masalah yang sangat serius bagi beberapa orang. Terkadang, beberapa orang sangat berisiko berinvestasi uang dalam rangka beli rumah tetapi memilih sekedarnya saja.

Banyak yang beranggapan bahwa untuk beli rumah hanya cukup melihat lokasi dan lingkungannya. Itu tidak salah. Memang kedua hal ini haruslah dipertimbangkan dengan baik.

Tetapi, masih ada beberapa faktor lainnya yang layak untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan beli rumah baru.

Tentu, Anda harus memiliki panduan yang dapat membantu memutuskan mana rumah yang terbaik untuk Anda dan keluarga. Berikut beberapa faktor yang harus dipertimbangkan:

1. Pahami hak-hak Anda

Ketika telah siap untuk beli rumah sendiri, pastikan memahami hak-hak Anda sebagai pembeli rumah.

Mengetahui proses membeli rumah mencegah dari penipuan. Anda bisa melakukan transaksi pembelian rumah secara sendiri jika mengetahui aturan-aturannya.

Atau mencari orang yang berpengetahuan seperti agen real estate atau broker terpercaya. Pastikan bahwa agen properti yang disewa tersebut berlisensi dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai transaksi pembelian rumah dan aturan-aturannya.

Selalu pastikan, rumah yang ingin dibeli surat dan dokumennya lengkap, asli, dan tidak melanggar aturan tata kelola wilayah. Agar di kemudian hari, Anda tidak terkena masalah.

2. Pastikan Anda mampu membelinya

Anggaran pribadi / keluarga perlu dipertimbangkan untuk membeli rumah tipe tertentu atau berlokasi di wilayah tertentu.

Apa yang diinginkan tentu berbeda dari apa yang dibutuhkan. Anda tidak benar-benar membutuhkan rumah besar tipe 45 ke atas, jika hanya dihuni oleh 1 orang saja, bukan?

Tentu, itu sebuah pemborosan dalam anggaran pribadi. Lain ceritanya, jika Anda membeli rumah untuk keluarga dengan jumlah anggota keluarga lebih dari 5 orang. Ukuran sedang hingga besar tentu menjadi pertimbangan.

Pastikan investasi uang Anda di properti ini, tepat sasaran. Carilah referensi sebanyak-banyaknya dalam memilih rumah. Salah satu website yang bisa dijadikan rujukan untuk membeli rumah baru yaitu rumah.com

Anda bisa meminta saran / bantuan kepada orang-orang yang memiliki pengetahuan dalam bidang properti, seperti harganya sudah sesuai dengan ukuran dan lokasinya atau tidak.

Jika rencana Anda beli rumah baru, hanya tinggal untuk waktu kurang dari 1 tahun, maka mungkin sebaiknya Anda tidak membeli rumah terlebih dahulu. Bisa dengan menyewa.

Ini dapat menghemat anggaran Anda, karena jika Anda ingin menjual rumah tersebut, tidak perlu tergesa-gesa.

3. Pastikan cocok dengan gaya hidup Anda / keluarga

Jadikan rumah itu memang sebagai sebuah rumah yang nyaman untuk ditinggali.

Pastikan itu benar-benar cocok dengan cara hidup dan Anda merasa nyaman dengan itu. Tidak hanya itu, perlu dipertimbangkan juga lingkungan di sekitar rumah yang hendak dibeli. Apakah Anda sesuai dengan pola hidup bertetangga di sekitar rumah, dll.

Sebuah contoh yang baik dari ini adalah jika Anda bekerja di kantor, tempat yang baik untuk membeli rumah adalah di lokasi yang tidak jauh dari tempat kita bekerja.

5 tips sebelum beli rumah baru.
5 tips sebelum beli rumah baru.

Jika Anda menyukai nuansa alam, lokasi rumah yang baik untuk dibeli adalah diluar kota yang masih terdapat udara bersih, dekat taman, memiliki pemandangan gunung atau dekat dengan pantai.

Kepribadian Anda benar-benar penting sebagai pertimbangan untuk beli rumah baru. Pastikan untuk melihat-lihat rumah di beberapa lokasi dan coba kumpulkan beberapa informasi tentang daerah dan sekitarnya.

Jangan lupa, untuk mempertimbangkan jenis tetangga yang ingin dimiliki. Jika tipe Anda ingin butuh privasi yang lebih besar, maka suasana perumahan tipe cluster sangatlah cocok. Bagi Anda tipe orang yang suka bersosialisasi, maka lokasi rumah di luar perumahan layak dipertimbangkan.

Oh, tak kalah pentingnya, pertimbangkan lokasi rumah Anda saat musim penghujan, apakah tergenang banjir atau tidak. Jika seringkali tergenang banjir, maka tentu akan sangat mengganggu dan menurunkan nilai properti Anda.

4. Pertimbangkan rencana masa depan Anda

Jika Anda baru menikah, mungkin pertimbangkan berapa banyak anak-anak yang ingin dimiliki.

Anda dapat mengasumsikan jumlah kamar atau ruang rumah yang dibutuhkan. Jika Anda dapat membeli rumah yang dekat dengan sekolah, itu lebih baik.

Rumah yang berlokasi dekat dengan fasilitas publik, sangat baik untuk Anda dan tentu meningkat nilai properti Anda.

5. Buatlah segala sesuatunya terorganisir dengan baik

Hal ini sangat penting untuk membuat file dokumen transaksi pembelian, surat-surat rumah, dll tersimpan dengan baik.

Karena hal tersebut adalah bukti Anda memiliki rumah tersebut. Ini akan sangat membantu di kemudian hari, terutama saat membayar pajak bumi bangunan.

Itulah kelima hal yang harus dipertimbangkan saat beli rumah baru. Ada faktor lainnya? Mari berbagi disini.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.