Tips Membeli Rumah, Plus Minus Rumah Baru & Lama

0 133

Memiliki rumah merupakan salah satu impian bagi sebuah keluarga. Terutama pasangan yang baru menikah, menempati rumah sendiri merupakan kepuasan tersendiri. Beli rumah baru atau rumah lama ya? Apa plus minusnya? Berikut tips membeli rumah untuk Anda.

Tips membeli rumah baru atau lama kali ini, hadir untuk memberikan pertimbangan bagi keluarga yang memutuskan untuk pindah rumah. Terkhusus bagi pasangan baru menikah yang ingin mendapatkan sebuah rumah impian.

Setidaknya, ada dua cara agar kita bisa membeli rumah, yaitu dilakukan dengan membeli secara tunai atau bisa juga dengan kredit.

Bagi yang memiliki dana / anggaran yang cukup besar, bisa langsung membelinya dengan tunai. Tetapi, yang dananya pas-pasan tentu kredit menjadi alternatif pilihan.

Tak hanya sampai disitu, meningkatnya harga rumah / properti yang signifikan, membuat seseorang / pasangan berpikir keras bagaimana caranya membeli rumah.

Banyak yang menyarankan agar tidak harus membeli rumah baru, tetapi rumah lama pun opsi yang direkomendasikan. Ini karena harga rumah lama dan baru terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Ada beberapa plus dan minus lainnya dari rumah baru dan lama.

Dalam tips membeli rumah kali ini, akan difokuskan memberikan masukan apakah sebaiknya membeli rumah baru, atau rumah lama saja. Sebaiknya, seseorang yang hendak ingin membeli rumah melakukan riset terlebih dahulu.

Calon pembeli rumah sebaiknya cermat meng-explore lebih banyak tentang kelebihan dan kekurangan dari pembelian rumah lama dan baru.

Setidaknya, ada beberapa plus minus dalam tips membeli rumah baru atau lama berikut:

Plus (kelebihan) membeli rumah baru

Ada banyak plus (kelebihan) dari sebuah keputusan untuk membeli rumah baru, diantaranya:

1. Bisa memiliki rumah sesuai dengan impian / selera

Ini salah satu segi positif dalam membeli rumah baru. Kita bisa membeli rumah yang sesuai dengan selera kita dari segala aspek, baik itu sisi desain interior, eksterior, dan lain-lain.

Dengan membeli rumah baru, Anda bisa sangat leluasa untuk mendesain bentuk rumah yang diinginkan, mengatur tata letak dari interior rumah, seperti menata aksesori ruangan, menentukan jumlah kamar / ruangan, pewarnaan rumah, dan lain sebagainya.

2. Memberikan jaminan keamanan

Sebagian besar properti rumah yang dijual saat ini menggunakan sistem cluster perumahan, yang umumnya disediakan sistem satu gerbang dengan penjagaan keamanan 24 jam. Ini akan membuat keluarga merasa lebih terjamin keamanannnya.

Ini salah satu yang bisa didapatkan dengan membeli rumah baru sistem cluster perumahan.

3. Ada perlindungan asuransi / garansi

Kelebihan membeli rumah baru yang tidak didapatkan di rumah lama adalah adanya perlindungan asuransi atau garansi. Garansi yang diberikan biasanya jika terjadi kerusakan (bocor, retak, dll), akan diganti rugi dengan mengajukan klaim.

Selain itu, setiap rumah baru biasanya sudah didaftarkan asuransi rumah oleh para pengembang. Ini akan memberikan segi positif dari sisi penghematan biaya.

Selain kelebihan, tentu membeli rumah baru ada kekurangannya, antara lain:

1. Lingkungan sekitar yang belum terbentuk

Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah baru, biasanya belum terbentuk sistem lingkungan masyarakat sehingga minus kekurangan kelengkapan fasilitas umum.

Terkadang, kita belum memiliki tetangga dan masih sepi. Salah satu risiko keamanan yang patut dipertimbangkan.

Jika membeli rumah lama merupakan salah satu yang Anda pertimbangkan, setidaknya ada beberapa kelebihan dalam membeli rumah lama.

1. Mendapatkan harga yang lebih murah

Dengan membeli rumah lama, Anda biasanya mendapatkan harga yang lebih miring dibandingkan rumah baru, walaupun dengan lokasi, kondisi, dan luas yang sama.

Semakin lama usia rumah, biasanya harga juga semakin turun. Terlebih lagi, Anda bisa mencari rumah yang dijual karena butuh uang cepat. Ini tentu harganya bisa dinego lebih miring lagi.

Tips membeli rumah, rumah baru atau rumah lama ya?
Tips membeli rumah, rumah baru atau rumah lama ya?

2. Bisa langsung ditempati

Kelebihan membeli rumah lama dalam tips membeli rumah lainnya adalah kita bisa langsung menempati rumah yang dibeli tersebut.

Lingkungan sosial masyarakat di sekitar rumah juga sudah terbentuk, biasanya fasilitas umum sudah memadai seperti tempat ibadah, sekolah, dll.

Selain kelebihan tersebut, pertimbangkan juga kekurangan dalam membeli rumah lama, yaitu:

1. Lebih cermat dalam memilih rumah lama

Memilih rumah lama butuh kecermatan pembelinya. Lakukan survei secara mendetail tentang kondisi rumah. Ini karena tidak semua rumah lama dirawat dengan baik oleh pemiliknya.

Jika Anda tidak cermat, maka bisa-bisa mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk merenovasi rumah tersebut. So, berhematlah dengan cermat sebelum membeli rumah.

Dari beberapa tips membeli rumah, baik rumah baru maupun rumah lama di atas, tentu kita bisa pertimbangkan dengan cermat mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kita.

Semua keputusan tentang pembelian rumah ada di Anda. Akan jauh lebih baik jika didiskusikan dengan pasangan atau anggota keluarga lainnya agar mendapatkan rumah yang diimpikan bersama-sama.

Loading...