Jatik.com
to Inspire. be Social.

Surga Tersembunyi Probolinggo yang Tak Akan Terlupakan Seumur Hidupmu!

0 136

Ada yang tau dimana letak Probolinggo? Probolinggo adalah salah satu daerah di Jawa Timur, sekitar 3 jam dari Surabaya. Jika kamu pergi ke Bali melewati jalur darat, maka pasti kamu akan melewati daerah bernama Probolinggo. Ternyata, Probolinggo juga menyimpan pesona yang sayang tuk dilewatkan lho.. Probolinggo memiliki keindahan alam yang luar biasa keren, makanan khas yang lezat khas daerah pesisir pantai, dan hasil alam yang melimpah. Kalo kamu lewat Probolinggo, jangan lewatkan pesonanya berikut ini.

#11 Pendaki Gunung? Kamu harus coba pendakian ke Gunung Argopuro

gunung_argopuro

Mancing Pagi di Cikasur, Gunung Argopuro dalam ruliamrullah.wordpress.com

Jika kamu suka dengan pendakian, maka salah satu gunung berapi aktif di perbatasan Probolinggo ini wajib kamu coba. Gunung Argopura memiliki beberapa puncak gunung, salah satunya puncak Rengganis. Ketinggian gunung Argopura mencapai 3.088 meter dari permukaan laut. Selain pesona puncak Rengganis, di gunung Argopuro juga terdapat situs peninggalan zaman purbakala yaitu teras berundak yang terdiri 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan.

#10 Menikmati Hamparan Lautan Pasir di Gunung Bromo

gunung_bromo

Puncak Gunung Bromo dalam rtravelindo.wordpress.com

Siapa yang tak kenal gunung Bromo. Keindahan gunung Bromo telah didengar sampai ke mancanegara. Gunung sebagai tempat bermukimnya suku Tengger ini, seringkali menjadi primadona para turis lokal dan luar. Kawah gunung Bromo bisa kamu lihat di ketinggian 2.392 meter di atas permukan laut. Kamu juga bisa menikmati keindahan lautan pasir yang membentang luas di sekitar gunung Bromo dengan berkeliling menaiki kuda. Kamu juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dari puncak Bromo. Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini, bisa kamu kunjungi dari Probolinggo. Momen kamu di Gunung Bromo dijamin menjadi salah satu momen yang tak akan pernah terlupakan seumur hidupmu.

#9 Nikmati Kesegaran Air Terjun Madakaripura

Air-Terjun-Madakaripura

Kesegaran air terjun Madakaripura dalam ngadem.com

Probolinggo juga memiliki air terjun yang tak kalah dengan air terjun di banyak tempat wisata lainnya di Indonesia atau bahkan air terjun Niagara lho. Madakaripura nama air terjun tersebut. Air terjun Madakaripura masih termasuk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini dikelilingi oleh perbukitan yang masih hijau. Berbentuk ceruk, air terjun Madakaripura menetaskan air jernih nan segar di seluruh tebingnya. Kamu bisa menikmati air terjun ini dengan berjalan kaki dari pintu utama sekitar 40 menit. Kamu bisa mencapai air terjun Madakaripura dengan melewati jalur darat menuju Tongas.

#8 Menyantap Soto Kraksaan Khas Probolinggo

soto-kraksaan

Salah satu kenikmatan sejati bagi para pecinta kuliner adalah mencicipi masakan khas Probolinggo, yakni soto Kraksaan. Ketika lidahmu merasakan pertama kalinya soto ini, dijamin kamu pasti akan terbang ke angkasa karena kelezatannya. Citarasa soto kraksaan ini memang berbeda dengan soto-soto lainnya, terutama daging ayam jantan yang dilumuri dengan kuah soto bertabur serbuk kelapa yang disangrai, plus irisan kentang yang dikukus matang, dan kerupuk udang sebagai pelengkap menjadikan soto ini kuliner yang dijamin maknyus!

#7 Lezatnya Ketan Kratok Khas Probolinggo

ketan-kratok-khas-probolinggo

Nah, makanan yang satu ini bisa kamu cicipi ketika berada di Probolinggo. Ketan Kratok salah satu makanan khas kota ini memiliki citarasa yang aduhai. Kombinasi rasa gurih, asin, dan manis akan menggoyang lidah kamu. Kratok itu sendiri sejenis kacang koro yang biasanya dimasak bersama sayur lodeh. Ketan kratok disajikan dengan ditaburi parutan kelapa dan cairan gula merah. Bener-bener maknyus dah..

#6 Jangan lupa membawa oleh-oleh anggur dan mangga

anggur_prabu_bestari

Anggur jenis Prabu Bestari dalam balitjestro.litbang.pertanian.go.id

Probolinggo dikenal sebagai sentra buah anggur dan mangga. Sebutan untuk buah anggur khas Probolinggo adalah anggur prabu bestari. Pusat anggur terbesar di Probolinggo berada di desa Wonoasih. Disini tersedia ribuan pohon anggur yang siap dipanen. Sedangkan mangga yang banyak dihasilkan di Probolinggo adalah jenih mangga manalagi dan arumanis.

#5 Menikmati Pemandangan Ranu Segaran

ranu_segaran_probolinggo

Ranu Segaran adalah sebuah danau asri yang terletak di Desa Tiris, Probolinggo. Dari pusat kota Probolinggo, kamu bisa menempuh perjalanan ke danau ini sekitar setengah jam. Di dalam perjalanan menuju Ranu Segaran, kamu akan menemui pemandangan pepohonan dan pegunungan layaknya di Puncak, Bogor. Di Ranu Segaran, kamu bisa menikmati pemandangan alam saat pagi hari atau sore hari. Kualitas air di danau ini pun masih jernih.

#4 Berendam di Air Panas Desa Tiris

pemandian_air_panas

Pemandian air panas Tiris dalam klikhotel.com

Satu lagi tempat wisata yang tak boleh kamu lewatkan jika datang ke Probolinggo, pemandian air panas desa Tiris. Pemandian air panas ini salah satu komplek pemandian yang masih sangat alami. Letaknya tidak jauh dari Ranu Segaran, sekitar 200 meter. Terdapat aliran sungai yang jernih di sebelah air panas desa Tiris ini. Air panas dikelilingi oleh rimbunan pohon dan pemandangan pedesaan yang asri.

#3 Pacu Adrenalin di Arung Jeram Sungai Pekalen

arung_jeram_sungai_pekalen

Arung jeram Sungai Pekalen dalam jakartabromotour.com

Buat kamu yang suka memacu adrenalin, kamu bisa mencoba wisata arung jeram menyusuri sungai Pekalen di Probolinggo. Sungai pekalen ini letaknya sekitar 25 km dari Probolinggo. Kamu akan mendapatkan tantangan jeram dengan 3 zona yang berbeda, yakni Pekalen atas sejauh 12 km, Pekalen tengah 7 km, dan Pekalen bawah sejauh 10 km. Di setiap zona tersebut kamu akan menemukan tantangan jeram yang berbeda-beda. Di Pekalen bawah kamu bisa menemukan 32 jeram yang menantang, di Pekalen atas kamu akan menghadapi 10 air terjun yang memacu adrenalinmu lebih kencang. Di sepanjang aliran sungai ini, kamu bisa menemukan goa-goa kelelawar dan berbagai satwa liar.

#2 Gak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok, kamu bisa menikmati Pulau Gili Ketapang di Probolinggo

pulau_gili_ketapang_probolinggo

Keindahan bawah laut Pulau Gili Ketapang dalam adiecupu.blogspot.com

Kalo kamu suka dengan suasana pantai dan pulau, kamu cukup datang ke Pulau Gili Ketapang di Probolinggo untuk menikmati pasir pantai yang lembut dan pemandangan bawah laut. Ya, di Pulau Gili Ketapang kamu bisa snorkling untuk melihat terumbu karang yang cantik. Letak Pulau Gili Ketapang sekitar 8 km dari bibir pantai Probolinggo, dan berada di Selat Madura. Kamu bisa menuju ke pelabuhan Tanjung Tembaga jika ingin berpetualang ke Pulau Gili Ketapang ini.

#1 Candi Jabung pun tak kalah menarik dengan candi-candi lainnya di Indonesia

candi_jabung

Candi Jabung dalam kartuwayang.wordpress.com

Buat kamu yang suka dengan wisata tempat-tempat bersejarah, kamu bisa menikmati wisata ke Candi Jabung. Letaknya sekitar 5 km dari kota Kraksaan, Probolinggo. Candi Jabung merupakan candi peninggalan kerajaan Majapahit, dan berarsitektur mirip Candi Bahal, Sumatera Utara. Pondasi candi terbuat dari batu bata merah tetapi tetap bisa bertahan hingga ratusan tahun.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.