Jatik.com
to Inspire. be Social.

10 Tips Mengasuh Anak yang Sudah Terbukti

0 85

Ada banyak cara untuk mendidik anak-anak kita dengan lebih baik lagi. Sebagai orangtua, pastinya kita harus terus belajar tentang ilmu parenting tersebut. Termasuk beberapa tips mengasuh anak yang sudah terbukti ini.

Sebelumnya, kami telah jabarkan beberapa tips mendidik anak-anak dari aktivitas keseharian kita. Di era digital pun diperlukan cara yang kreatif pula dalam mendidik anak. Pembekalan ilmu pengasuhan anak ini harus terus digali agar anak-anak tumbuh berkembang dengan lebih baik.

Dari sebuah tulisan yang ditulis oleh Dr. Michele Borba dalam bukunya The Big Book of Parenting Solutions, terdapat artikel yang sangat bermanfaat tentang bagaimana tips mengasuh anak yang sudah terbukti. Judul asli dari artikel tersebut Top Ten Proven Parenting Solutions (10 Solusi Pengasuhan yang Sudah Terbukti).

Tulisan ini bukan sekedar wacana melainkan sudah dibuktikan berdasarkan penelitian. Berlaku untuk semua usia anak dan hanya membutuhkan sedikit waktu. Apabila dilakukan secara konsisten oleh orangtua maka akan menghasilkan perubahan yang signifikan dalam tumbuh kembang anak-anak yang lebih baik.

Berikut rangkuman 10 tips mengasuh anak yang sudah terbukti (Top Ten Proven Parenting Solutions):

  • Menarik perhatian anak

Jika ingin menarik perhatian anak-anak Anda, ada tips khususnya. Pelankan suara Anda bahkan seperti hampir berbisik dan sampaikan permintaan Anda. Anak-anak yang terbiasa diteriaki, akan terdorong untuk lebih fokus dan memperhatikan ketika permintaan disampaikan dengan berbisik.

  • Meningkatkan perilaku positif

Hasil penelitian menyebutkan bahwa melakukan positive reinforcement atau memuji anak merupakan cara yang paling baik dalam membentuk perilaku baru. Saat anak-anak menunjukkan perilaku / tindakan yang benar atau baik, maka segera berikan pujian lebih spesifik dan katakan dengan jelas tentang perilaku baik / benar anak Anda tersebut.

Anda bisa menambahkan kata “karena” dalam bentuk pujiannya. Sebagai contoh, “Ayah / Bunda sangat senang karena kamu mengerjakan pekerjaan rumahmu sendiri.”

  • Berfokus pada ketekunan

Ada yang menarik dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Michele Borba tersebut bahwa memuji sebuah usaha (kamu sudah berusaha keras) dan bukan kecerdasan anak (kamu pintar sekali) terbukti lebih meningkatkan ketekunan anak dan pencapaian prestasi mereka.

Usaha keras anak-anak laiknya bola yang memantul, terkadang lemah terkadang kuat. Anak-anak belum mampu untuk mengasosiasikan atau mengkaitkannya dengan keberhasilan.

  • Mengurangi rasa takut

Tips mengasuh anak selanjutnya adalah dengan mengurangi rasa takut mereka. Hadapkan anak-anak kita pada rasa takut yang dapat mereka kelola. Bantulah mereka untuk mengembangkan kemampuan dalam mengendalikan diri. Hal ini dengan mengucapkan kalimat / pernyataan yang dapat membuang rasa khawatir.

Kalimat seperti, “Pergi … pergi takut …!” atau “Saya dapat melakukan hal ini …!” dapat membantu anak-anak mengendalikan diri mereka dari rasa takut.

  • Mengendalikan tantrum (mengamuk)

Hal yang perlu dilakukan oleh orangtua ketika anak-anak mengalami tantrum adalah dengan segera mengendalikannya. Semakin lama orangtua memberi perhatian terhadap amukan anak, semakin lama amukan akan berhenti. (Baca lebih lanjut: 10 Cara Mengatasi Tantrum pada Anak)

  • Memupuk kebaikan berkelanjutan

Mendorong anak-anak kita untuk melakukan kebaikan merupakan hal yang sangat bagus. Gunakan “Aturan Dua Pujian” setiap harinya. Sebagai contoh, “Katakan / lakukan dua kebaikan kepada orang lain di dalam satu hari.”

Misalkan, mengucapkan salam kepada orang lain atau membantu mengambilkan barang-barang. Kebaikan yang dilakukan secara sukarela akan jauh lebih menarik bagi mereka tanpa harus dipaksakan.

  • Meningkatkan kesadaran akan hak-hak anak Anda

Apabila seorang anak mengalami stres, maka “tataplah mata anak Anda secara mendalam.” Kontak mata tersebut akan sangat membantu anak dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka. Dengan postur tubuh yang tegak dan kuat juga berpotensi untuk mengurangi terjadinya perundungan (bullying) kepada anak-anak Anda.

  • Membangun persahabatan

Ada dua hal perilaku yang membuat seorang anak disukai oleh orang lain yaitu gembira dan tersenyum. Doronglah anak-anak Anda untuk mengembangkan kedua perilaku tersebut agar mereka dapat menjalin persahabatan yang baik dengan teman-temannya.

  • Mengembangkan kebiasaan makan sehat

Ada hal yang terkadang dianggap sepele bagi sebagian besar keluarga, makan bersama keluarga. Ternyata, kebiasaan makan bersama ini akan mampu meningkatkan kemampuan psiko-sosial anak-anak, mampu meningkatkan nilai pelajarannya di sekolah, dan mengajarkan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat.

Selain itu, manfaat lainnya adalah berpotensi untuk mengurangi kebiasaan buruk seperti gangguan makan (tidak mau makan, makan terlalu sedikit / banyak) dan merokok.

  • Mengendalikan rengekan anak

Tegaslah untuk mengatakan “tidak” kepada anak. Anak-anak akan menggunakan senjata rengekan untuk membuat orangtua menyerah dan menuruti keinginan mereka.

============

Dan, masih banyak tips lainnya selain kesepuluh tips mengasuh anak yang sudah terbukti melalui penelitian Dr. Michele Borba. Mungkin bukan hasil dari penelitian ilmiah, tetapi dari eksperimen orangtua dalam kehidupan sehari-harinya dalam berinteraksi dengan anak-anak. Yuk berbagi!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.