Jatik.com
to Inspire. be Social.

Khasiat Daun Salam yang Ajaib untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

0 1.268

Tak disangka, daun salam yang biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu masakan, memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan. Daun salam dipercaya berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bagaimana memanfaatkan khasiat daun salam tersebut?

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, ternyata khasiat daun salam bagi kesehatan cukup banyak. Dalam artikel sebelumnya telah dijabarkan tentang manfaat daun salam bagi kesehatan.

Tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi adalah suatu kondisi kronis saat tekanan darah pada dinding arteri terus meningkat. Seseorang mengalami tekanan darah tinggi biasanya tidak memiliki gejala tertentu dan terjadi secara diam-diam.

Penyebab terjadinya tekanan darah tinggi pun tak diketahui secara pasti. Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami gejala tekanan darah tinggi dengan cara mengukur tekanan darah tersebut. Aktivitas ini bisa dilakukan minimal 5 kali dalam setahun, khususnya bagi orang dewasa, untuk mengetahui tekanan darah kita.

Bisa jadi, setiap orang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi). Tetapi, ada faktor-faktor yang dapat diduga menjadi penyebab risiko terjadinya tekanan darah tinggi, seperti:

  • Obesitas / kelebihan berat badan
  • Faktor keturunan
  • Faktor usia
  • Kurang berolahraga
  • Merokok
  • Stres
  • Kadar garam terlalu tinggi pada makanan
  • Mengonsumsi minuman keras
  • dan masih banyak faktor lainnya…

Karena gejala-gejala penyakit darah tinggi yang kurang jelas, sebaiknya tidak menganggap sepele penyakit ini. Tetapi dari beberapa sumber disebutkan bahwa darah tinggi dapat memicu beragam penyakit muncul seperti jantung, ginjal, stroke, dan penyakit komplikasi lainnya.

Salah satu alternatif untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi daun salam secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya. Daun salam mengandung senyawa aktif yang dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan minyak atsiri di dalam daun salam juga terkandung senyawa tanin, flavonoid, polifenol, triterpen, dan alkanoid.

Khasiat daun salam untuk menurunkan darah tinggi karena peran utama senyawa flanonoid. Ini adalah jenis senyawa antioksidan yang berfungsi untuk mencegah oksidasi di dalam tubuh.

Ingin mendapatkan khasiat daun salam untuk menurunkan darah tinggi secara maksimal? Berikut cara pengolahannya.

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu sekitar 40 gram daun salam segar dan air 800 cc
  2. Lalu, cuci bersih daun salam tersebut
  3. Daun salam kemudian direbus dengan menggunakan air yang telah disiapkan
  4. Tunggulah beberapa saat sampai air menguap dan tersisa setengahnya
  5. Apabila sudah, angkat dan saringlah. Tuangkan air rebusan daun salam tersebut ke dalam gelas
  6. Air rebusan ini dikonsumsi secara rutin, yaitu 2 kali di pagi hari dan 2 kali di sore hari
  7. Selain mengonsumsi rebusan daun salam, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat

Penyakit darah tinggi dapat menimpa pada siapa pun juga. Paling utama untuk mencegahnya adalah dengan menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat. Mengonsumsi daun salam merupakan alternatif alami dalam mencegah tekanan darah tinggi lebih fatal lagi.

Referensi Tambahan: www.flowerian.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.