Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Menghilangkan Stress Saat di Kantor

0 144

Bagi orang yang bekerja di kantor selama berjam-jam, tentu ada saatnya mengalami stress. Ada banyak faktor yang menyebabkan stress saat di kantor. Setidaknya, ini beberapa cara menghilangkan stress saat di kantor yang bisa dilakukan.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang mengalami stress saat bekerja di kantor? Jangan sepelekan hal ini.

Penyebab stress di kantor bisa bermacam-macam. Mungkin penyebabnya konflik dengan bos, bermasalah dengan partner kerja, pekerjaan yang tak ada habisnya, dampak menunda pekerjaan, sudah bosan menjadi karyawan tetapi masih takut resign, dan lain sebagainya.

Tiap orang pasti berbeda-beda penyebab stress saat di kantor. Cara mengatasinya pun tentu berbeda-beda.

Tetapi, setidaknya ada beberapa cara menghilangkan stress saat di kantor yang bisa dilakukan.

Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa cara di bawah ini, mana yang lebih cocok untuk diri kita sendiri.

1. Cari tahu faktor penyebab stress

Cara menghilangkan stress saat di kantor yang bisa dilakukan pertama kali adalah mengetahui faktor penyebabnya. Untuk mengatasi sebuah masalah, Anda harus tahu akar masalahnya. Termasuk masalah stress ini.

Yang terpenting, jangan pernah abaikan stress yang Anda alami. Stress bisa berdampak besar bagi kesehatan mental dan fisik kita.

Jika kita sudah mengetahui dengan pasti apa penyebabnya, misalkan terlalu banyak pekerjaan yang menumpuk, maka kita coba cari solusinya.

2. Cobalah untuk bersyukur

Hal kedua sebagai cara menghilangkan stress saat di kantor adalah dengan mencoba lebih bersyukur. Rasa syukur ini bisa membangkitkan sisi positif dalam diri kita.

Menurut salah satu psikolog, Robert Emmons, perasaan syukur ini bisa memicu sistem kekebalan psikologis. Dengan sistem kekebalan ini, kita mampu mengatasi masalah besar dan kecil.

Dengan pikiran yang positif, kita menjadi bisa melihat bahwa pekerjaan yang dilakukan saat ini, adalah salah satu tantangan yang biasa dihadapi oleh siapapun, termasuk Anda. Dan, kita masih lebih beruntung mendapatkan pekerjaan dibandingkan orang-orang yang kesulitan mendapatkan pekerjaan diluar sana.

3. Rilekskan diri dengan menghirup nafas dalam-dalam

Cara menghilangkan stress saat di kantor yang ketiga adalah mencoba terapi sederhana yang bisa dilakukan setidaknya 2-10 menit.

Yaitu dengan cara menutup mata kita sejenak, lalu menarik nafas dalam-dalam dan pusatkan pikiran kita saat menarik nafas tersebut, dan keluarkan secara perlahan.

Lakukan hal ini beberapa kali. Terapi sederhana ini akan membantu membuat rileks syaraf otak kita yang tegang karena stress dan juga membantu meningkatkan konsentrasi.

4. Nyemil sehat

Ada beberapa orang yang mempunyai cara menghilangkan stress saat di kantor dengan nyemil snack. Ini juga bisa dilakukan. Tetapi, sangat disarankan untuk mengganti cemilan tersebut dengan snack sehat.

Yaitu snack yang mengandung protein tinggi. Cemilan sembarangan bisa menyebabkan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan tubuh. Ini tentu akan membuat stress kita bukannya hilang, tetapi akan jauh lebih besar.

cara menghilangkan stress saat di kantor
12 cara menghilangkan stress saat di kantor

5. Lakukan olahraga kecil

Setidaknya ada beberapa cara melakukan olahraga kecil saat di kantor. Misalkan, cukup menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah, atau memutar kepala, dan masih banyak olahraga kecil lainnya.

6. Hilangkan stress dengan mendengarkan musik

Ini salah satu cara menghilangkan stress saat di kantor yang juga banyak dilakukan oleh karyawan. Bagi yang hobi mendengarkan musik, dengarkan musik-musik favorit Anda saat kerja.

Atau, Anda juga bisa memilih lagu-lagu dengan nada yang lebih lembut, misalkan jazz, klasik, religi, dan lain sebagainya untuk menenangkan pikiran dan jiwa.

Yang terpenting, Anda harus tahu waktu dan tempat. Jangan sampai kegiatan mendengarkan musik ini mendapatkan teguran dari atasan.

7. Beribadah sholat

Bagi muslim, salah satu cara menghilangkan stress saat di kantor yang ampuh adalah dengan mengambil air wudhu sejenak dan melaksanakan sholat.

Sholat yang dilakukan dengan khusyuk akan membantu membuat jiwa dan pikiran lebih tentram. Selain itu, kita bisa mencurahkan semua permasalahan kita di kantor dengan curhat kepada Allah SWT. Dan, Allah akan memberikan pertolongan terhadap hambaNya.

8. Mencoba untuk tersenyum dan tertawa

Cara menghilangkan stress saat di kantor selanjutnya adalah berusaha untuk mencari kegiatan yang bisa membuat kita tersenyum atau tertawa.

Tersenyum akan melahirkan energi positif dari dalam diri kita. Ini karena dengan tertawa, hormon endorfin dan dopamin akan terlepas di otak kita. Kedua hormon ini berfungsi membuat seseorang lebih bahagia.

Kita bisa menonton video lucu di Youtube, atau mencoba menatap cermin dan tersenyum. Ini akan membuat diri kita jauh lebih baik dari sebelumnya.

9. Minum kopi atau teh

Bagi Anda yang penikmat kopi, bisa juga menghilangkan stress dengan meminum kopi. Ini karena di dalam kopi banyak kandungan yang akan membuat kita jauh lebih rileks dari sebelumnya.

Atau, jika Anda tidak suka kopi, bisa juga menggantinya dengan mengkonsumsi teh.

10. Mengistirahatkan diri sejenak

Stress bisa saja terjadi karena kita memang sudah lelah bekerja. Jangan paksakan diri untuk terus bekerja. Istirahatlah sejenak. Bisa dengan mengobrol bersama teman, atau melakukan meditasi.

Manfaatkan jam istirahat dengan sebaik-baiknya. Jangan gunakan untuk bekerja. Badan dan pikiran kita juga perlu beristirahat.

11. Mencoba tidak menunda pekerjaan

Jika salah satu penyebab stress karena pekerjaan yang menumpuk, maka cobalah untuk tidak membiasakan diri kita tidak menunda-nunda pekerjaan.

Setiap pekerjaan yang kita dapatkan, segera ditangani dan diselesaikan agar tidak menumpuk saat deadline.

12. Curhat ke teman kerja terdekat

Ada juga orang-orang yang harus mengeluarkan masalah yang dialaminya dengan curhat. Jika Anda termasuk salah satunya, maka lakukanlah.

Curhatlah ke partner kerja terdekat tentang permasalahan yang Anda alami sehingga menyebabkan stress tersebut. Mungkin saja, partner kerja Anda bisa memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dialami.

Itulah beberapa cara menghilangkan stress saat di kantor yang bisa kita lakukan. Tidak terlalu rumit bukan? Carilah cara yang memang benar-benar cocok untuk diri kita dengan mencobanya satu persatu. Selamat mencoba.

Referensi:

www.duniakaryawan.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.