Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Membuat Bakpia Ubi Ungu. Gampang dan Praktis!

0 178

Seringkali jalan-jalan ke Yogyakarta? Selain tempat wisata alam, Yogyakarta juga menawarkan wisata kuliner, salah satunya Bakpia. Kalau kamu gak sempat ke Jogja, gak ada salahnya membuat sendiri bakpia. Berikut cara membuat bakpia ubi ungu yang mudah dan praktis.

Banyak sekali varian bakpia yang dibuat dan dijual. Ada bakpia kacang hijau, bakpia keju, bakpia cokelat, baik kering maupun basah. Termasuk juga bakpia ubi ungu. Gak kalah nikmat dengan jenis bakpia lainnya.

Bahan isian yang berupa ubi ungu, terasa sangat manis dan nikmat ketika disantap. Jauh lebih nikmat jika dibuat dalam bentuk bakpia. Buat kamu yang pengen merasakan nikmatnya bakpia ini, berikut cara membuat bakpia ubi ungu. Jangan lupa dicatat ya!

Sebelum memulai membuat, siapkan dulu beberapa bahan yang diperlukan. Berikut daftar bahan untuk resep dan cara membuat bakpia ubi ungu.

Bahan-bahan untuk isian bakpia, diantaranya:

  • Ubi ungu yang dikukus matang, 150 gram
  • Susu kental manis, 2-3 sendok makan
  • Gula pasir, 1 sendok teh
  • Garam, secukupnya

Untuk cara mengolah bahan isian, yaitu dengan mencampurkan dan mengaduk-aduk sampai rata semua bahan kemudian dibuat bulatan sebesar kelereng. Dan, sisihkan untuk nanti digunakan.

Bahan-bahan untuk kulit bakpia, antara lain:

  • Ragi instan, 1 sendok teh
  • Mentega, 1 sendok makan
  • Tepung terigu, 150 gram
  • Castor sugar, 15 gram
  • Garam, secukupnya
  • Air, secukupnya (kira-kira ½ gelas)

Berikut ini langkah-langkah cara membuat bakpia ubi ungu yang lezat.

Hal pertama yang dilakukan adalah menguleni bahan-bahan sampai kalis. Lalu, tutup adonan dengan plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih 45 menit.

Jika adonan sudah mulai mengembang 2 kali lipat, maka uleni sekali lagi dan bagi menjadi kira-kira 12-15 bagian.

Kemudian, pipihkan adonan kulit dan masukkan isian bakpia. Bentuk menjadi bulat dan pipihkan sedikit. Jika sudah selesai, diamkan selama kurang lebih 10 menit sambil kamu siapkan teflon yang sudah diolesi margarin.

Selanjutnya, adonan bakpia tersebut diletakkan di atas teflon dan tutup. Masak dan terus awasi bakpia tersebut. Jika kulit bakpia bagian bawah berwarna coklat, maka balik bakpia dan tutup lagi.

Setelah matang, angkat bakpia dan diamkan. Bakpia ubi ungu siap untuk dihidangkan. Yummy bukan???

Itulah resep dan cara membuat bakpia ubi ungu yang enak dan praktis. Bakpia siap untuk disantap sebagai cemilan di saat senggang. Selamat mencoba!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.