Jatik.com
to Inspire. be Social.

Bunda, Ketahui Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Anak

0 81

Minyak ikan dipercaya memiliki banyak khasiat yang terkandung di dalamnya, termasuk bagi kesehatan anak-anak kita. Ada banyak manfaat minyak ikan yang perlu Bunda ketahui bagi anak maupun bayi. Baca yuk disini.

Dari sekian banyak manfaat minyak ikan yang diperoleh, salah satunya bagi anak-anak adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Bagaimana sebenarnya keterkaitan antara sistem imunitas anak dengan minyak ikan tersebut? Mengapa Bunda perlu memberikan minyak ikan kepada buah hati?

Mungkin, Bunda pada waktu kecil dahulu juga pernah diberi minyak ikan. Sebenarnya apa sih minyak ikan itu? Seberapa besar manfaat minyak ikan bagi kesehatan buah hati kita?

Mari kita simak lebih detail tentang manfaat minyak ikan bagi kesehatan buah hati.

Salah satu hasil penelitian dari Universitas Adelaide, Australia menyebutkan bahwa ibu hamil yang rutin mengkonsumsi minyak ikan, maka minyak tersebut akan diteruskan ke plasenta dan akhirnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh janin di kandungan dari berbagai eksim dan virus.

Penelitian selanjutnya dilakukan oleh salah satu institut pertanian nasional di negara Perancis terhadap ibu hamil. Penelitian ini menyebutkan bahwa ibu hamil yang sedang diet dengan mengkonsumsi asupan makanan yang banyak mengandung asam lemak tak jenuh ganda, seperti asam Omega 3 berkhasiat untuk memperkuat dinding usus janin.

Ketika dinding usus janis semakin kuat, akan memicu terbentuknya sistem kekebalan tubuh bayi yang pada akhirnya menjadi antibodi untuk melindungi bakteri masuk ke aliran darahnya. Saat bayi ini tumbuh menjadi dewasa, antibodi tersebut nantinya akan mampu mengurangi alergi anak terhadap makanan.

Dari penelitian lainnya juga disebutkan bahwa manfaat minyak ikan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan membuat bayi yang dikandungan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Selain itu, akan mempercepat sistem imunitas tubuh dalam menangkal terjadinya alergi makanan.

Berdasarkan beberapa penelitian di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa manfaat minyak ikan khususnya yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat terkait erat dengan sistem kekebalan buah hatinya. Tak hanya ibu hamil, ibu menyusui juga mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi minyak ikan.

Bayi yang sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI di sekitar usia 6 bulan ke atas, minyak ikan juga dapat diberikan. Terlebih lagi ketika bayi sudah memasuki usia 9 bulan, karena di usia ini vitamin sudah diperbolehkan untuk diberikan. Tetapi, tetap harus melalui anjuran dari dokter / bidan anak agar mereka mendapatkan manfaat minyak ikan secara maksimal yaitu bagi kesehatannya.

Referensi Tambahan: www.carakhasiatmanfaat.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.