Jatik.com
to Inspire. be Social.

9 Faktor Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

0 12

Keinginan tubuh sehat dan terhindar dari penyakit merupakan harapan semua orang. Tubuh yang sering sakit-sakitan, salah satunya disebabkan oleh daya tahan tubuh menurun. Apa yang menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menurun? Berikut beberapa faktor penyebabnya.

Sistem imunitas tubuh merupakan sistem yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh untuk menangkal berbagai bakteri, virus, atau pun sel yang tumbuh secara abnormal. Misalkan, apabila Anda sering terkena influenza (pilek), bisa jadi sistem imunitas tubuh Anda sedang lemah. Setiap detik ada jutaan bakteri dan virus yang berusaha menyerang tubuh. Pada saat kekebalan tubuh mulai menurun, virus / bakteri akan mudah masuk sehingga menyebabkan sakit.

Tentunya, sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda. Setidaknya, 9 faktor penyebab sistem kekebalan tubuh menurun ini harus diketahui agar Anda dapat mencegahnya.

1. Jarang Olahraga

Salah satu penyebab sistem kekebalan tubuh menurun adalah jarangnya seseorang berolahraga. Solusinya, lakukan olahraga secara rutin. Anda cukup berjalan kaki selama ± 30 menit di pagi hari secara rutin dapat membantu mengembalikan sirkulasi sel-sel darah putih. Selain itu, sistem kekebalan tubuh Anda juga akan meningkat.

2. Begadang di malam hari

Sering begadang di malam hari? Aktivitas tersebut akan mengganggu keseimbangan tubuh kita. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh peneliti University of Chigago menyebutkan bahwa tidur dalam jangka waktu 4 jam semalam, hanya akan membentuk antibodi di darah sebanyak 50% saja.

So, sebaiknya tidak begadang agar tubuh tetap fit dan terhindar dari penyakit. Baca Juga: Ini 7 Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh.

3. Konsumsi gula yang berlebihan

Menurunnya sistem kekebalan tubuh juga bisa diakibatkan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu penelitian yang termuat di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa terjadinya penurunan kemampuan sel darah putih dalam melawan kuman, lima jam setelah mengonsumsi 100 gram gula. Kondisi tersebut akan terjadi secara drastis.

4. Stres dan Depresi

Salah satu penyebab sistem kekebalan tubuh menurun adalah faktor psikologis, seperti stres dan depresi. Seseorang yang mengalami stres berlarut-larut akan memiliki dampak buruk terhadap kekebalan tubuhnya.

Proses produksi antibodi tubuh akan terganggu karena perasaan yang tertekan. Terjadinya stres akan menyebabkan tubuh menjadi rentan serangan mikro-organisme dan beragam penyakit yang berpotensi melemahkan tubuh. Baca Juga: 10 Penyakit Karena Stres yang Dapat Dialami Siapapun.

5. Sikap Pesimistis

Anda cenderung memiliki sikap pesimis? Hati-hati karena hal tersebut dapat menurunkan kekebalan tubuh Anda. Penelitian yang dilakukan UCLA mengungkapkan bahwa para mahasiswa baru yang optimis memiliki sel T yang berlimpah. Sel ini dapat menguatkan respon kekebalan dan sel-sel antibodi yang ada di tubuh.

6. Kurang minum air putih

Faktor lain yang menyebabkan imunitas tubuh menurun adalah kurang minum air putih. Air putih sangat penting untuk membantu mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Memang, kebutuhan tiap orang akan air putih tidak sama. Normalnya, kebutuhan air dalam tubuh akan terpenuhi dengan minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Baca Juga: 9 Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari.

Jika ingin mengetahui apakah asupan air dalam tubuh sudah cukup atau belum, dapat dilihat dari warna urin. Untuk tubuh yang sehat mengeluarkan urin yang berwarna jernih atau agak kekuningan. Sementara, tubuh yang kurang sehat mengeluarkan urin berwarna keruh.

7. Perokok pasif

Nikotin memiliki dampak yang buruk bagi tubuh, termasuk imunitas. Sebaiknya kurangi atau hilangkan kebiasaan merokok atau pun berdekatan dengan perokok aktif.

8. Menggunakan obat antibiotik yang sering

Mengonsumsi antibiotik tertentu dapat mengurangi kadar sitokin (hormon yang memiliki peran imunitas tubuh). Jika sistem kekebalan tubuh rendah, maka akan rentan serangan bakteri resisten. Jadi, gunakan antibiotik dengan menggunakan resep dokter.

9. Kekurangan nutrisi tertentu

Imunitas tubuh membutuhkan asupan gizi dengan kombinasi dari vitamin A, C, dan E, termasuk mineral seperti tembaga, selenium, zinc, dan zat besi. Nutrisi tersebut berperan penting dalam menunjang fungsi neutrofil, sel T, dan antibodi. Nutrisi yang terserap akan mengalami gangguan bagi pelaku diet tidak sehat dan yang terkena penyakit usus.

Itulah 9 faktor penyebab sistem kekebalan tubuh menurun yang perlu diketahui. Masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi. Kekebalan tubuh yang rendah dapat diatasi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Apabila Anda merasa imunitas sedang menurun, atasi dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi dan olahraga teratur yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.