Jatik.com
to Inspire. be Social.

Waspadai 4 Jenis Penyakit Kulit yang Datang saat Musim Hujan

Ada penyakit kulit yang ringan hingga berat.

0 40

Saat musim hujan tiba akan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan seperti batuk, influenza, dan juga penyakit kulit. Musim hujan dengan curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan banjir yang akan menimbulkan genangan air. Tak hanya itu, juga akan membawa endapan lumpur dan sampah yang menjadi biang penyakit kulit.

Jika kita tak membersihkan genangan air tersebut, maka dapat menyebabkan ancaman bagi kesehatan, wabah penyakit baik yang ringan maupun berat bisa timbul. Yang paling teringan mungkin penyakit kulit dan hal itu dapat terjadi pada siapapun, termasuk diri kita.

Berikut ini beberapa jenis penyakit kulit yang mungkin akan muncul di saat musim penghujan tiba atau terjadi pasca banjir.

  • Penyakit Infeksi Jamur

Kehadiran penyakit kulit yang satu ini dapat disebabkan oleh genangan air banjir yang kotor karena mengandung bakteri dan kuman. Juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan kita dalam menjaga kebersihan kulit.

Infeksi jamur biasanya datang pada area lipatan pada anggota badan seperti lipatan paha dan jari-jari kaki. Karakteristik yang dapat ditemukan dari infeksi jamur adalah gatal di saat berkeringat.

  • Folikulitis

Apa itu folikulitis? Folikulitis adalah suatu kondisi pada kulit di saaat folikel rambut mulai meradang. Ya, penyakit ini pada umumnya terjadi pada bagian tubuh yang ada rambutnya.

Memang, folikulitis tidak dianggap berbahaya, tetapi jika dibiarkan dapat menimbulkan sensasi gatal yang luar biasa. Selain itu, menyebabkan nyeri yang pastinya membuat Anda tidak akan merasa nyaman, bukan?

  • Kutu Air

Jika kita terbiasa terkena genangan air banjir, maka berpotensi untuk terkena kutu air. Kondisi genangan air tersebut pastinya kotor dan terdapat banyak kuman, terlebih lagi kita tidak menggunakan pelindung kaki.

Suhu lembab di musim penghujan berpotensi menyebabkan jamur akan lebih berkembang dengan cepat dan berisiko terkena kutu air lebih tinggi.

  • Dermatitis Alergi

Terjadinya penyakit alergi ini pada umumnya menjangkiti orang-orang yang memang memiliki sensitivitas terhadap bahan tertentu. Bahan-bahan tersebut, baik bahan kimia maupun sampah, bisa saja terbawa oleh air banjir dan terkena pada kulit seseorang yang sensitif.

Apabila banjir datang untuk jangka waktu yang lama, seseorang dapat terkena dermatitis alergi jauh lebih besar. Dan, ini hanya terjadi pada orang yang memang memiliki kepekaan kulit tinggi.

Itulah beberapa jenis penyakit kulit yang dapat menjangkiti pada diri kita di saat musim penghujan. Alangkah baiknya kita dapat menjaga kebersihan dan kesehatan diri kita sendiri dan keluarga.

Dan tak menutup kemungkinan, akan ada banyak penyakit lainnya yang menyerang fisik kita. Oleh karena itu, kita perlu memiliki pertahanan tubuh yang baik dengan menjaga kesehatan, setidaknya dengan mengikuti tips kesehatan ini.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.