Jatik.com
to Inspire. be Social.

Desain Kamar Tidur Minimalis, Keren Banget Lho!

1 113

Siapa sih yang gak tertarik dengan desain kamar tidur minimalis untuk diaplikasikan di ruang kamar kita? Pastinya, setiap orang menginginkan ruang kamar yang nyaman, tenang, dan membuat hati tentram. Tentunya, mendesain sebuah kamar tidur yang nyaman dan tenang tidak terlalu mudah. Terlebih lagi, jika ukuran ruang kamar kita tidak terlalu luas, karena kita tinggal di rumah minimalis. Minimalis disini memang tidak identik dengan kecil dan sempit. Tetapi, konsep minimalis lebih ke arah mengoptimalkan keterbatasan ruang yang ada, salah satunya juga mengoptimalkan desain kamar tidur minimalis kita.

Jika anda memiliki ruang kamar yang luas, bukan berarti penataan mudah dilakukan dengan sembarangan. Dengan menempatkan interior-interior seperti sofa, ranjang, dan berbagai perabotan lainnya begitu saja ke dalam kamar. Karena, jika tidak dilakukan penataan dengan baik, maka ruang kamar anda akan terasa tidak membuat nyaman dan tidak menyenangkan. Tetap diperlukan kemampuan untuk desain kamar tidur agar terlihat nyaman dan menyenangkan untuk ditempati.

Sedangkan, bagi anda yang memiliki ruang kamar dengan ukuran yang terbatas, maka ini salah satu tantangan bagi anda untuk membuat ruang kamar tersebut bisa tampak proporsional dan harmonis. Desain kamar tidur minimalis sangat dibutuhkan untuk ruang kamar yang seperti ini. Ruang yang terbatas karena lahan yang sempit, seharusnya menjadikan kita lebih kreatif untuk membuat ruang kamar yang nyaman, indah, dan menyenangkan. Ini penting, karena di ruang ini tempat anda untuk beristirahat. Jika, ruang kamar terasa sangat sesak dan sempit, tentu istirahat anda terganggu.

Desain kamar tidur minimalis tidak hanya berbicara tentang bagaimana membuat desain interior kamar yang bisa menghemat ruang, tetapi bagaimana menselaraskan antara gaya dekorasi dengan luas ruang kamar anda. Ini tentu membutuhkan konsep dan perencanaan yang baik serta ada sentuhan seni di dalamnya.

Memiliki ruang kamar tidur minimalis jangan dipersepsikan dengan ruang kamar yang sempit dan sesak. Kalau sudah sempit dan sesak tentu buruk. Ini persepsi yang kurang tepat. Jika memang ada keterbatasan lahan ruang, maka tidak berarti anda harus menerima begitu saja kondisi tersebut. Buatlah ruang kamar anda terasa nyaman dan tetap elegan. Ini ditentukan oleh seberapa cerdas dan kreatif diri anda untuk memilih desain ruang kamar yang tepat, serta penataan yang baik dalam interior kamar, seperti ranjang tidur. Jika pemilihan dan penataan tersebut tepat, maka ruang kamar yang indah dan nyaman bukanlah sebatas impian semata.


Lalu, Bagaimana Cara Menentukan Desain Kamar Tidur Minimalis yang Tepat?


Untuk melakukan desain kamar tidur minimalis yang tepat, hanya diperlukan trik sederhana tentang bagaimana menciptakan sebuah ilusi (persepsi) ruang yang lebih luas, menghemat ruang, dan memilih furniture yang tepat untuk ruang kamar anda. Desain interior kamar yang kreatif, bersih dan rapi, tentu sangat membantu mewujudkan desain kamar tidur minimalis menjadi kenyataan. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam desain interior ini seperti pewarnaan, pencahayaan, kaca sebagai aksesoris, dan berbagai hal yang kecil maupun besar, sangat membantu untuk memberikan perbedaan kondisi ruang kamar anda.

Strategi yang bisa anda lakukan pertama adalah dari aspek pewarnaan. Sebaiknya anda hindari penggunaan banyak warna dalam ruang kamar anda. Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena dengan menggunakan banyak warna dalam desain kamar tidur minimalis justru akan membuat ruang kamar yang terbatas akan terlihat lebih sempit. Efek banyak warna akan berakibat semakin membuat disharmoni di ruang kamar anda. Maka, sangat disarankan memakai satu / dua warna saja (maksimal 4 warna) untuk ruang kamar anda. Bisa warna-warna lembut, seperti putih, abu-abu, krem, atau warna-warna kesukaan anda lainnya.

Strategi lainnya yang bisa anda lakukan untuk membuat desain kamar tidur minimalis yang cantik dan indah adalah menggunakan pencahayaan yang baik di ruang kamar anda. Ini salah satu faktor penting yang akan membantu menciptakan efek ilusi ruang kamar dengan lahan terbatas menjadi terlihat lebih luas, nyaman, cantik, dan menyenangkan untuk dipandang. Caranya dengan menghilangkan bagian gelap di ruang kamar anda, dengan pencahayaan alami dari kaca jendela, atau lampu. Semakin lebar / banyak kaca jendela yang membantu cahaya dari luar masuk, maka kamar akan terlihat semakin luas dan menyenangkan.

Strategi lainnya adalah penempatan furniture yang tepat untuk ruang kamar anda. Tidak semua furniture harus dimasukkan ke dalam ruang kamar anda. Anda harus memilih furniture-furniture yang memiliki ukuran proporsional dengan ruang kamar, serta pilihlah furniture yang memang memiliki fungsi yang tepat untuk di kamar. Salah satunya adalah bagaimana memilih sofa minimalis atau lemari pakaian minimalis yang tepat untuk desain kamar tidur minimalis anda.

Itulah beberapa tips mudah bagaimana membuat konsep desain kamar tidur minimalis yang semoga bisa bermanfaat bagi anda. Berikut ada beberapa contoh desain kamar tidur minimalis yang akan kami sajikan untuk anda, sebagai salah satu bahan inspirasi bagi anda untuk membuat ruang kamar tidur minimalis yang nyaman, elegan, indah dan menyenangkan. Selamat mendekorasi kamar tidur anda!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber Referensi:

www.desainrumahnya.com ; www.decoist.com ; www.freshome.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.