Jatik.com
to Inspire. be Social.

25+ Galeri Foto Kucing Lucu Bangeet & 10 Tips Merawat Kucing Bagi Pemula

1 625

Bagi penggemar hewan peliharaan, kucing merupakan salah satu favorit yang selalu menarik untuk dipelihara. Terlebih lagi, jika hewan peliharaan tersebut kucing lucu nan imut. Kita pasti tidak ingin berjauhan darinya, dan selalu ingin bermain bersama kucing lucu dan imut tersebut. Memang, kucing merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang ditakdirkan untuk terlihat imut dan menggemaskan. Untuk itu, jika ada kucing yang datang ke rumah, jangan kamu sakiti ya.

Penggemar kucing lucu dan imut pun tak terbatas dari usia, profesi, dan jenis kelamin. Dari anak-anak hingga dewasa, dari pelajar hingga pekerja kantor, dari lelaki dan wanita, pasti nge-fans dengan yang namanya kucing. Sosok hewan yang bernama kucing ini memang tidak segalak hewan-hewan lainnya, dan sukanya bermalas-malasan, mungkin itulah salah satu penyebab kucing merupakan daya tarik yang luar biasa untuk dipelihara. Selain tingkah lakunya yang memang lucu dan menggemaskan, kelembutan bulu kucing memang sangat nyaman untuk dipeluk.

Di dunia ini, terdapat berbagai macam kucing diantaranya kucing anggora, kucing kampung, kucing himalaya, kucing persia, dan kucing lucu lainnya. Pasti salah satu kucing tersebut ada yang kamu pelihara. Oh ya, buat kamu yang pemula, ini 10 tips untuk memelihara dan merawat kucing dengan benar.

#1 Berikan makanan kucing, jangan pernah memberikan makanan hewan lain untuk kucing, seperti makanan anjing. Makanan kucing mengandung taurin yang sangat dibutuhkan bagi kucing mencegah penglihatan kabur dan penyakit jantung, sementara itu makanan anjing tidak mengandung taurin.

#2 Jika kamu memelihara anak kucing lucu, harap diingat untuk memberikan gizi 2x lebih banyak daripada kucing dewasa. Tetapi, bukan berarti butuh lebih banyak gizi, kamu harus memberikan makan berlebihan. Sesuaikan porsinya. Ketika memasuki masa 5-6 minggu, beri makanan 4-5 kali secara rutin setiap hari.

#3 Sebenarnya, tidak perlu memandikan kucing terlalu sering. Saat kucing lucu kamu bulunya sudah mulai bau, maka mandikan dengan air dingin. Jangan pernah mandikan dengan air panas (hangat), karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit kucing dan merusak bulu

#4 Ketika sudah mencapai usia 8-10 bulan, biasakan kucing lucu kamu untuk makan makanan rumah seperti susu dan nasi. Ini harus dilakukan sejak dini.

#5 Lakukan menyikat bulu kucing dengan rutin. Dengan menyikat secara teratur, maka dapat membantu kucing peliharaanmu terhindar dari kuman dan bakteri, serta dapat menghilangkan rambut yang sudah mati.

#6 Kucing peliharaan merupakan teman / sahabatmu di rumah. Sahabat yang baik harus mengajarkan hal-hal yang baik. Ajarkan kucing lucu kamu tersebut untuk melakukan beberapa kebiasaan baik seperti pergi ke tempat tidur, toilet, dan makan.

#7 Anak kucing akan sangat terbantu perkembangan tubuh dan fisiknya, dengan kamu mengajaknya keluar dan bermain dengannya. Semakin teratur kamu melakukannya, maka kucing lucu kamu akan tumbuh dengan lincah dan sehat.

#8 Hewan juga perlu untuk divaksinasi, termasuk kucing peliharaanmu. Ini dilakukan secara teratur agar terhindar dari penyakit dan virus. Kamu tentu tidak ingin kucing lucu kamu sakit bukan? Maka, segeralah ke dokter hewan untuk berkonsultasi.

#9 Selain merawat bulu-bulunya, kamu juga harus membersihkan tubuhnya. Bagian tubuh kucing peliharaan yang perlu dibersihkan seperti telinga, gigi, dan kucu. Ini titik bagian tubuh yang paling rentan dengan kehadiran bakteri dan kuman. Jangan sampai kamu biarkan begitu saja, kalau tidak ingin kucing lucu nan imut milikmu terkena infeksi dan penyakit.

#10 Kamu juga harus mengajarkan kucing peliharaanmu untuk berperilaku baik. Jangan sampai, karena sangat sayang dengan kucing lucu milikmu, perilaku apapun meskipun buruk, tetap dibiarkan. Kamu harus bisa tegas jika kucingmu berkelakuan buruk. Sehingga, kucingmu akan terbiasa untuk bisa mengerti mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Itu kesepuluh tips yang akan berguna jika kamu memelihara kucing. Berikut ini beberapa galeri foto kucing lucu, imut, dan menggemaskan yang berhasil kami kumpulkan. Cekidot!

Lucu-lucu bukan foto di atas? Oh ya, ada fakta-fakta menarik tentang kucing yang mungkin kamu belum tahu, simak aja disini.

Referensi: Wikipedia

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.