Iwan Sunter, Tukang Parkir yang Berhasil Mendaki 48 Gunung, 18 Pendakian dengan Sepeda

1 383

Mungkin belum banyak yang mengenal tentang sosok yang satu ini, Iwan Sunter, begitu biasa dia dipanggil teman-temannya. Siapa itu Iwan Sunter? Yuk berkenalan dengan dia.

#Pria Penakluk 48 Gunung ini hanyalah seorang Tukang Parkir

iwan_sunter_keluarga

Sumber Gambar: iwansunter.blogspot.com

Sosok sederhana ini ternyata hanya lah seorang tukang parkir, kuli panggul, dan pedagang kaki lima di daerah Sunter Agung. Pria yang memiliki motto “Hidup tanpa petualangan adalah Nol” ini, mulai mengenal gunung dari kakak perempuannya yang selalu bercerita dan memperlihatkan dokumentasi pendakiannya. Pendakian pertama Iwan Sunter baru dilakukan tahun 1990 dengan mencoba mendaki gunung salak di Bogor, Jawa Barat. Ia telah berhasil menaklukan 48 gunung di Jawa, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi, 18 kali pendakian menggunakan sepeda, dari 117 kali total pendakian.

#Orang “kere” pun bisa berpetualang

iwan_sunter_mendaki

Sumber Gambar: iwansunter.blogspot.com

Dengan latar belakang kehidupan yang sederhana, sosok Iwan Sunter yang pecinta keluarga dan religius ini, mampu membuktikan, dengan tekad yang kuat, kemauan baja, dan cita-cita setinggi langit, bahwa orang “kere” secara finansial pun dapat hidup menggapai semua mimpi-mimpinya dengan luar biasa. Uang, profesi, waktu bukan masalah bagi dirinya ‘tuk mencapai semua mimpinya. Bahkan, jadwal petualangannya pun sudah full booked hingga tahun 2020. Sosok yang benar-benar luar biasa!

#Tidak hanya mendaki, dia pun bersepeda menempuh berbagai wilayah Indonesia

iwan_sunter_bersepeda

Sumber Gambar: iwansunter.blogspot.com

Sepeda Polygon Unitoga itu adalah teman setianya untuk berpetualang ke berbagai wilayah di Indonesia hingga 14 kali. Jarak terjauh yang pernah ia tempuh adalah Rute “Jakarta-Pulau We, Aceh-Jakarta-Larantuka, NTT” di tahun 2006 sejauh lebih dari 6.000km dan Rute “Manado-bitung-manado-Palu-Poso-Luwuk-Poso-malili-Kendari-malili-palopo-rantepao-Makassar-Denpasar-Jakarta” di Tahun 2010 Serta Vietnam – Jakarta tahun 2012.

#Tidak hanya bersepeda, Iwan Sunter pun melakukan petualangan dengan berjalan kaki dan berlari

iwan_sunter_berlari

Sumber Gambar: iwansunter.blogspot.com

Ya. Petualangan yang ditempuhnya tidak dilakukan selalu bersama teman setianya, Sepeda Polygon. Dia pun melakukan petualangan hanya dengan berjalan kaki ataupun berlari. Beberapa rute yang sudah pernah ia tempuh dengan berlari adalah Jakarta-Surabaya di tahun 2014 selama 48 hari, Jalan kaki Jakarta-Gunung Semeru-Jakarta tahun 2011, dan di tahun 2015 ini tengah melakukan perjalanan berlari Aceh-Jakarta.

#Iwan Sunter tetaplah sosok manusia yang juga pernah patah hati

iwan_sunter_patah_hati

Sumber Gambar: iwansunter.blogspot.com

Tak perlu dirimu mengerti sayang..
cukup sebut namaku iwansunter..
aku adalah pelacur jalan raya
yg cinta dan manja akan potret kaum pinggir jalan
yg berusaha menghikmah ttg kedamaian hati..
yg senang bercumbu dgn sejuknya gunung gunung..

aku juga adalah bajingan yg penuh luka..
yang bahagia dgn busuknya detak nadi
yang bodoh akan kejernihan..
tapi,
diantara waktu yg tersisa, aku hanya ingin menjadi pejalan yg baik..

Itulah salah satu puisi yang dituliskan oleh Iwan Sunter dalam salah satu perjalanannya. Iwan Sunter tetaplah sosok manusia yang juga pernah patah hati ditinggal oleh pacarnya. Hubungan Iwan Sunter dan pacarnya tidak disetujui oleh keluarga perempuan, dan akhirnya harus merelakan kekasihnya dijodohkan oleh orang lain. Kisah ini terjadi sebelum dia berpetualang dengan berlari untuk pertama kalinya. Karena kejadian tersebut, di tahun 2013, ia menunda petualangan dengan berlari selama setahun dan hanya melakukan perjalanan bersepeda dan mendaki 5 gunung dengan membawa sepeda hingga ke puncak.

#Iwan Sunter sosok inspirasi kaum muda Indonesia

iwan_sunter_pendaki

Sumber Gambar: iwansunter.blogspot.com

Dengan tekadnya yang membaja, dia tak pernah takluk dengan masalah yang menghadang. Masalah yang hadir, selalu memiliki ribuan solusi jika kita memiliki tekad yang kuat.

Aku tidak tahu berapa lama perjalanan yang akan kutempuh, berapa kilometer bisa kurengkuh dalam sehari, atau seberapa letih yang kudapat di paha, pundak, mata, dan juga pantatku. Yang ada dalam pikiranku hanyalah tekad, semangat, dan kemauan serta ditambah penghayatan akan perjalanan itu sendiri. Ini kulakukan karena aku terlalu cinta dengan dunia petualangan. Tahun ini aku bersepeda menuju puncak sebuah gunung. Mungkin, tahun depan aku akan berjalan kaki dari Jakarta menuju sebuah puncak gunung dan kembali lagi ke Jakarta dengan tetap berjalan kaki. Semua itu ingin kuwujudkan karena bagiku berpetualang adalah sesuatu yang tidak akan pernah selesai. Aku ingin hidup dalam duniaku, dunia orang-orang yang selalu ingin mencoba sesuatu. Aku hanyalah segelintir regenerasi dari orang-orang yang pernah melakukan kegiatan semacam ini. – Iwan Sunter Quote –

Gimana pendapatmu tentang Iwan Sunter? Luar biasa kereeen ya… Kalo kamu pengen tau lebih detail tentang dia dan berbagai kisah menarik tentang perjalanannya, kamu bisa mengunjungi catatan petualangannya di iwansunter.blogspot.com

Loading...