10 Skill Hidup yang Wajib Diajarkan Kepada Anak

0 218

Sebagai orangtua, tentu kita harus memberikan pendidikan kepada anak-anak kita untuk mempersiapkan mereka saat kelak dewasa. Termasuk juga skill hidup yang perlu diajarkan pada anak-anak.

Skill hidup ini mencakup beberapa kecakapan / kemampuan dasar tertentu yang memang sangat dibutuhkan bagi kehidupan pribadi anak kita maupun bermanfaat untuk orang lain.

Banyak skill hidup yang perlu diajarkan pada anak-anak, tetapi setidaknya, minimal 10 kemampuan dasar laik untuk diajarkan kepada mereka.

1. Skill Memasak

Ini salah satu skill mendasar yang perlu diajarkan pada anak-anak kita, terkhusus anak perempuan.

Sebagai orangtua, anda harus meminta mereka untuk membantu di dapur. Hal ini dilakukan, agar mereka terbiasa untuk mandiri dan mencukupi kebutuhannya sendiri.

Bagi seorang anak perempuan, kemampuan memasak ini sangat bermanfaat kelak ketika dia sudah dewasa dan menikah. Saat harus menyiapkan masakan untuk suami dan anak-anaknya.

2. Bertahan Hidup di Alam Terbuka

Ini salah satu cara mengajarkan anak kemandirian dan selalu berusaha mencari solusi setiap ada masalah yang datang.

Biasanya, skill hidup ini akan diajarkan pada anak-anak saat mereka tergabung dalam ekskul Pramuka atau PMR dengan banyaknya kegiatan yang diadakan di alam terbuka.

Mengajarkan anak untuk bertahan hidup di alam terbuka sangat membantu mereka untuk semakin percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki, dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

3. Berkebun

Tidak banyak yang orangtua yang memahami bahwa aktivitas berkebun itu sangat banyak sekali manfaatnya, terkhusus bagi anak-anak.

Untuk anak-anak itu sendiri, aktivitas dari berkebun yang dilakukan secara rutin akan sangat membantu mengajarkan kesabaran dan ketelatenan.

Anda bisa memanfaatkan kebun / pekarangan di sekitar rumah untuk melakukan aktivitas ini.

Berkebun, salah satu skill hidup yang perlu diajarkan pada anak-anak
Berkebun, salah satu skill hidup yang perlu diajarkan pada anak-anak

4. Pemahaman P3K

Pengetahuan tentang P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) tentu adalah salah satu skill mendasar yang sangat bermanfaat bagi siapapun. Baik itu pribadi maupun untuk orang lain.

Kecelakaan atau kondisi terluka bisa kapanpun terjadi, dan ini salah satu tindakan pertolongan pertama yang sangat penting. Jika anak-anak kita bisa memiliki skill ini dengan baik, maka sangat bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun orang lain di sekitarnya kelak.

5. Berenang

Aktivitas berenang merupakan salah satu kemampuan dasar yang sebaiknya memang wajib diajarkan pada anak-anak kita sejak dini.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas berenang ini secara kesehatan. Bahkan, dengan memiliki kemampuan berenang yang baik, akan sangat dibutuhkan jika ada dalam kondisi bencana seperti banjir, dan lain sebagainya.

6. Manajemen Keuangan

Banyak orangtua terkadang melewatkan skill hidup yang satu ini. Secara tidak langsung, orang tua lebih banyak mengajarkan anak-anaknya untuk tidak menghargai bagaimana proses mendapatkan uang.

Orangtua lebih mudah memberikan uang kepada anak-anak untuk konsumtif. Mulai sejak dini, ajarkan kepada anak-anak kita untuk memahami dengan baik bagaimana seharusnya mengelola uang itu.

Sederhananya, ajarkan anak sejak dini untuk mulai menabung dan menghemat pengeluaran mereka.

7. Aktivitas Mencuci

Meskipun di rumah kita sudah ada asisten rumah tangga (ART), sesekali ajarkan pada anak-anak kita untuk mencuci bajunya sendiri.

Ini tentu bermanfaat agar anak-anak kita juga memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan rumahnya, minimal dari pakaian miliknya sendiri.

8. Membersihkan Rumah

Hal yang sama seperti poin no.7, membersihkan rumah merupakan salah satu skill yang diajarkan pada anak-anak kita.

Selain mengajarkan tanggung jawab, juga diajarkan tentang pentingnya kebersihan diri maupun lingkungan sekitarnya.

Yang bisa dilakukan anak-anak kita misalkan membersihkan dan merapihkan kamar tidurnya sendiri.

9. Pertahanan Diri

Pada zaman sekarang dimana tindak kriminal meningkat tajam, skill pertahanan diri merupakan sebuah aktivitas yang memang wajib diajarkan pada anak-anak sejak dini.

Skill hidup ini akan sangat diperlukan kelak ketika anak-anak dihadapkan pada kondisi menjadi korban tindak kejahatan. Ini dilakukan sebagai pembelaan diri, bukan untuk mencari musuh. Selain itu, juga bermanfaat untuk kesehatan.

10. Manajemen Waktu

Salah satu skill hidup yang juga tak kalah pentingnya untuk diajarkan pada anak-anak. Betapa sangat bernilainya waktu tersebut, jika disia-siakan akan menjadi pisau tajam yang menghunus kita sendiri.

Manajemen waktu bisa diajarkan pada anak dengan cara disiplin waktu terhadap rutinitas sehari-hari, seperti belajar, beribadah, sekolah, bersih-bersih, dan lain sebagainya.

Yuk mulai ajarkan kepada anak-anak kita minimal 10 skill hidup dasar di atas. Tentunya, akan sangat bermanfaat kelak bagi mereka dan orang-orang di sekitarnya.

Loading...