Jatik.com
to Inspire. be Social.

Kenali 5 Faktor Utama Penyebab Selulit ini Agar Kamu Bisa Mencegahnya!

0 50

Pernah sih kamu melihat beberapa lipatan lemak di bagian tubuh, seperti perut, paha, tumit, dan lain-lain? Pasti ngerasa gak nyaman bukan? Apalagi jika bagian tubuh tersebut terlihat, semakin menambah rasa tidak pede. Itulah yang disebut selulit. Apa ya yang menjadi faktor utama penyebab selulit tersebut?

Selulit dapat dikatakan timbunan lemak yang berada di bawah kulit. Biasanya, gejala utama munculnya selulit tersebut yaitu kemunculan benjolan daging berkerut di sekitar bagian tubuh seperti pinggul, perut, paha, dan pantat. Selulit sangat berbeda dengan stretch marks.

Kalau dikatakan sebagai timbunan lemak, apa sih yang menjadi penyebab utama kemunculannya?

Ternyata eh ternyata, ada 5 faktor utama penyebab selulit yang muncul di beberapa bagian tubuh, yaitu:

1. Faktor hormonal

Tak hanya karena timbunan lemak belaka, kemunculan selulit ini juga dapat disebabkan oleh faktor hormon. Beberapa hormon seperti insulin, estrogen, prolaktin, noradrenalin, dan hormon tiroid memiliki pengaruh bagi munculnya selulit.

Peningkatan kadar estrogen yang terjadi sesaat sebelum masa kehamilan, dapat mempengaruhi timbulnya selulit tersebut. Saat sedang hamil, kadar hormon estrogen terus meningkat. Maka, cegah selulit dari sekarang.

2. Faktor makanan

Faktor asupan makanan yang masuk ke tubuh juga mempengaruhi munculnya selulit yang ada permukaan kulit tersebut. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam, karbohidrat, lemak, dan kurangnya serat, dapat berpotensi muncul selulit.

Beberapa contoh makanan yang dapat menimbulkan selulit di kulit tubuh yaitu jajanan manis, gorengan, cokelat, junk food, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk mencegah selulit muncul alangkah baiknya jika kamu sering mengonsumsi serat yang banyak terkandung di buah-buahan dan sayuran.

3. Faktor genetik

Selain makanan, faktor lain penyebab selulit muncul adalah genetik. Beberapa karakter genetik tertentu dari setiap manusia, dapat mempengaruhi metabolisme tubuh yang lambat. Termasuk memicu kemunculan selulit.

4. Faktor gaya hidup

Emang gaya hidup kita sehari-hari dapat menyebabkan munculnya selulit? So pasti lah!

Gaya hidup seperti apa yang dapat menyebabkan munculnya selulit tersebut? Biasanya sih gaya hidup yang tidak sehat. Seperti yang disebutkan poin sebelumnya mengonsumsi makanan tidak sehat, jarang berolahraga, perokok aktif juga berpotensi memiliki selulit di tubuhnya.

Tak disadari, posisi duduk / berdiri kita setiap hari, dengan posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama juga menjadi penyebab selulit lho!

5. Faktor pakaian

Penggunaan pakaian yang kurang tepat juga memicu munculnya selulit. Jika kamu senang menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat dan elastis, maka akan menekan aliran darah di sekitar pantat yang pasti membekas sehingga muncul selulit.

Sebaiknya tidak mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketta agar ada ruang udara dan tidak ada tekanan pada bagian tubuh kita.

Setidaknya itulah kelima faktor utama penyebab selulit yang perlu kamu ketahui. Ada beberapa faktor di atas yang sebenarnya kita dapat mencegahnya dengan mengubah pola hidup kita.

Bacaan referensi tambahan untuk selulit, bisa dilihat disini.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.