Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

0 135

Gak suka mengkonsumsi beras merah? Kayaknya kamu perlu pertimbangkan lagi deh. Apalagi kalau kamu sudah tahu beragam khasiatnya untuk kesehatan. Apa saja manfaat beras merah bagi kesehatan kita?

Banyak pastinya! Terkhusus bagi kamu yang sedang diet, banyak yang merekomendasikan beras merah sebagai makanan untuk program diet.

Dan itu tidak salah karena di dalam beras merah terkandung serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan koleganya, beras putih. Memang, karena kita terbiasa mengkonsumsi beras putih, dari segi rasa kita anggap lebih enak beras putih.

Tetapi, jika dilihat dari aspek manfaatnya untuk kesehatan, bisa dikatakan bahwa beras merah mengungguli beras putih.

Penasaran ingin tahu apa saja manfaat beras merah bagi kesehatan? Yuk simak berikut ini.

1. Sebagai sumber antioksidan

Salah satu manfaat beras merah bagi kesehatan adalah sumber antioksidan yang sangat bagus bagi tubuh. Di dalam beras merah terkandung mineral dan vitamin yang membantu untuk melindungi tubuh dari beragam radikal bebas.

Mengkonsumsi secara rutin setiap hari beras merah, akan sangat membantu bagi tubuh terjaga kesehatan dan terlindungi dari berbagai penyakit yang menyerang.

2. Kandungan serat tinggi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kandungan serat tinggi ada di dalam beras merah. Ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Selain serat, dalam beras merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan zat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

3. Bagus untuk kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat beras merah bagi kesehatan yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin, sangat bagus untuk usus dan memperlancar metabolisme tubuh kita.

4. Membantu menurunkan berat badan berlebih

Khasiat yang banyak dicari bagi pelaku diet, menjadikan beras merah idola untuk membantu menurunkan berat badan yang berlebih.

Di dalam beras merah, terkandung kalori yang rendah tetapi serat yang sangat tinggi. Kandungan serat ini sangat membantu dalam mempercepat penurunan berat badan.

Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks dalam beras merah berperan dalam menyuplai energi secara rutin sehingga walaupun diet perut tidak merasa cepat lapar.

5. Menjaga fungsi kesehatan tulang dan gigi

Manfaat beras merah untuk kesehatan yang tak kalah pentingnya adalah untuk kesehatan tulang dan gigi kita. Ini berkat kandungan magnesium yang ada di dalam beras merah.

Magnesium memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan kalsium dan vitamin D dalam berperan untuk melindungi kesehatan gigi dan tulang kita.

6. Berfungsi untuk Mengkontrol Gula Darah

Kamu punya kerabat yang menderita diabetes? Sarankan untuk mengkonsumsi beras merah ini secara rutin. Kandungan tinggi serat pada beras merah dan rendah kalori, akan bermanfaat dalam mengkontrol gula darah di tubuh.

Jadi, kalau ingin terhindar dari penyakit diabetes, maka konsumsilah beras merah secara rutin setiap hari.

11 manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh kita.
11 manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh kita.

7. Bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari beras merah adalah menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Ini karena kandungan serat tinggi di dalam beras merah tersebut.

Selain itu, kandungan minyak esensial dalam beras merah juga dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah serta menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Tak hanya menurunkan kadar kolesterol jahat, tetapi juga membantu menaikkan kadar kolesterol baik di dalam darah.

8. Pencegahan untuk penyakit jantung

Bagi kamu yang punya orangtua / kerabat yang terkena penyakit jantung, sarankan untuk mengkonsumsi beras merah secara rutin.

Ini karena dalam beras terkandung serat tinggi yang menurunkan risiko terkena serangan jantung. Mengkonsumsi beras merah tiap hari akan tetap terjaga kesehatan jantung kita.

9. Bermanfaat bagi kesehatan sistem syaraf

Di dalam beras merah juga terkandung mangan yang bermanfaat untuk penghasil hormon dan lemak yang diperlukan bagi tubuh sebagai pelindung untuk kesehatan sistem syaraf.

10. Pencegahan terhadap penyakit batu empedu

Manfaat ini masih terkait dengan kandungan serat tinggi yang ada di dalam beras merah. Dengan kandungan tersebut, orang yang mengkonsumsi beras merah secara rutin akan tercegah dari penyakit batu empedu.

Karena serat tinggi, sehingga sehingga dapat membantu melarutkan sisa makanan yang tidak dapat dicerna dengan sempurna.

11. Mencegah terkena penyakit kanker

Manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh lainnya adalah untuk pencegahan terhadap penyakit kanker. Penyakit ini adalah salah satu yang mematikan.

Tetapi, jangan khawatir! Karena kamu bisa mencegahnya sejak dini dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin.

Ini karena kandungan polifenol dan selenium yang terdapat di beras merah dipercaya membantu untuk mencegah terkena kanker terutama kanker usus besar.

Kandungan antioksidan di dalam beras merah juga berfungsi untuk mencegah beragam jenis penyakit kanker lain.

Kesebelas manfaat beras merah bagi kesehatan di atas tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Yuk mulai hidup sehat sejak muda dengan mengkonsumsi bahan makanan sehat yang salah satunya adalah beras merah.

Loading...