Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari itu Banyak Lho, Mom!

0 18

Pancaran sinar matahari pagi hari itu sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya bagi orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak, bahkan bayi. Untuk tumbuh kembangnya, bayi yang baru lahir pun membutuhkan sinar matahari pagi. Apa manfaat menjemur bayi di pagi hari? Berikut beberapa diantara manfaat untuk kesehatannya.

Mom, penting bagi orangtua untuk bangun pagi-pagi dan mengajak bayi yang baru lahir untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Waktu berjemur yang terbaik untuk mendapatkan manfaat sinar matahari yang bagus adalah rentang waktu jam 7 hingga 9 pagi.

Di atas waktu tersebut, sebaiknya hindari sinar matahari karena akan berbahaya bagi kesehatan bayi bunda. Selain itu, optimalkan waktu menjemur bayi dengan tidak terlalu lama menjemur bayi di bawah terik mentari pagi.

Jika terlalu lama akan ada dampak yang kurang baik yaitu bayi bunda menjadi kepanasan dan kulitnya akan sensitif. Waktu yang dibutuhkan untuk menjemur bayi sekitar 15-20 menit saja sudah cukup. Usahakan tidak lebih dari itu.

Selalu pastikan untuk mendapatkan cukup sinar matahari pagi dalam rangka merangsang pertumbuhan bayi lebih baik.

Dari sekian banyak manfaat menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi, ini beberapa diantaranya:

  • Terhindar dari Bayi dengan Kulit Kuning

Bayi Anda yang baru lahir memiliki risiko terkena kuning karena kadar bilirubin akan mulai naik sejak hari ke-3 sampai hari ke-5. Dan, mulai menurun kadarnya saat bayi sudah berusia 7-10 hari.

Sinar matahari pagi hari bermanfaat bagi kesehatan bayi karena bisa membantu memecahkan bilirubin di dalam darah bayi sehingga kadarnya turun dan normal kembali. Oleh karena itu, warna kulit bayi yang kuning tersebut berangsur-angsur akan kembali normal.

  • Membantu Memperkuat Tulang Bayi

Sinar matahari pagi hari mengandung vitamin D yang bagus kesehatan bayi. Vitamin D berperan dalam membantu kalsium agar mudah diserap di dalam darah sehingga menyatu dengan tulang dalam rangka memperkuatnya.

Oleh karena itu, ayah bunda sebaiknya rutin untuk menjemur bayi di pagi hari karena pertumbuhan tulangnya akan jauh lebih kuat dan tubuhnya menjadi sehat.

  • Membuat Tubuh Bayi menjadi Lebih Hangat

Manfaat menjemur bayi di bawah sinar mentari pagi hari juga dapat membantu menghangatkan tubuh buah hati Anda, khususnya bagi bayi yang berisiko alergi.

Bayi yang rutin dijemur di bawah mentari pagi akan terbantu hilang lendir yang tertinggal di dalam saluran pernafasan. Terutama bagi bayi yang memiliki alergi.

  • Bayi Terhindar dari Stres

Apakah benar bayi bisa menjadi stres? Bisa lho mom. Meskipun terdengar mustahil, bayi dapat mengalami stres setelah keluar dari perut ibunya. Ada banyak tanda-tanda bayi bunda mengalami stres, salah satunya adalah menangis tanpa henti. Menangis ini tidak disertai dengan adanya gejala penyakit yang muncul.

Sinar mentari pagi hari bermanfaat untuk membantu melepaskan hormon endorphin yang terdapat di dalam tubuh bayi. Hormon ini membantu untuk melawan stres yang dialami oleh bayi.

Selain keempat manfaat menjemur bayi di bawah sinar mentari pagi hari, berikut beberapa manfaat lainnya, antara lain:

  • Membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah bayi
  • Meningkatkan imunitas tubuh bayi
  • Membantu mengatasi masalah kulit yang dialami oleh bayi
  • Sebagai penangkal atau mengatasi racun
  • Membantu untuk mengatasi sulit tidur yang dialami oleh bayi
  • Dan masih banyak manfaat lainnya.

Itulah sekian banyak manfaat menjemur bayi di saat pagi hari dengan sinar mentari yang menyehatkan. So, mom jangan lupa untuk rutin menjemur bayi Anda ya.

Referensi: www.halodoc.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

sepuluh − 9 =