Jatik.com
to Inspire. be Social.

Museum di Tengah Kebun, Wisata Alternatif Penghilang Stress Warga Jakarta

0 169

Lagi bosen ke mall di Jakarta? Atau ke puncak tiap weekend? dan kepengen mencoba sesuatu yang ada kesan “petualangan” dan gratis di Jakarta? emang ada kok! Hanya di Jakarta! Makanya jangan kuper jadi anak Jakarta. Lu harus nyobain satu tempat yang direkomendasikan oleh Jatik.com. Apaan tuh? Yups. Namanya Museum di tengah kebun! Tapi kamu jangan berpikiran negatif dengan ada kata-kata “museum” yang kesannya kuno dan membosankan. Tapi kamu akan takjub kalau sudah masuk ke dalam. Daripada kebanyakan ngomong kata-kata ini, mending langsung saja kita jalan-jalan ke TKP.

museum tengah kebun
Suasana di dalam pintu masuk Museum Di tengah kebun yang penuh dengan pepohonan (foto: dimas.s.s)

Nah. Untuk ke museum ini ada syarat yang harus dipenuhi pengunjung, dimana hanya dibatasi 10 orang saja per hari. Kalaupun kurang dari itu, kamu harus rela digabung dengan kelompok lain. Alasannya, agar efektifitas dalam menjelaskan informasi lebih baik. Selain itu, kamu harus menghubungi pihak museum untuk pesan tempat. Kalau sudah ok, jangan lupa untuk datang ke sini. Jangan sampai terlambat ya sob.

Nah. ke tempat ini sebenarnya dekat dengan jalan raya kok. Tetapi, mata kamu harus jeli loh. Bisa bisa kesasar deh kalau nggak jeli. Bagi yang bawa kendaraan bisa diparkir di masjid yang tidak jauh dari museum.

Kalau sudah di dalam, kamu akan bertemu dengan pak Mirza yang kebetulan masih saudara kandung dengan pemilik museum di tengah kebun. Beliau lah yang akan menjadi tour guide di dalam museum. Oh ya. sebelum masuk. Sepatu pengunjung harus melepas sepatu dan pake sandal yang sudah disediakan pihak museum.

museum tengah kebun
Suasana ruang keluarga museum di tengah kebun (foto: dimas.s.s)

Nah. Saat masuk ke dalam, kita akan disuguhkan oleh berbagai macam koleksi yang tak ternilai harganya. Baik koleksi dari luar negeri maupun dalam negeri. Semua koleksi ini sendiri merupakan koleksi pak Sjahrial Djalil dari hasil pembelian di lelang Christie. Beliau sendiri membeli semua koleksi barang-barang ini karena banyak orang Indonesia yang menjual aset-aset sejarah ke luar negeri demi materi. Harapan Pak Sjahrial Djalil adalah agar orang indonesia sadar dengan kekayaan sejarah yang dimiliki dan menjaga semua aset koleksi ini dengan baik.

museum tengah kebun
Setiap ruangan memiliki nilai seni yang luar biasa, bahkan kamar mandi sekalipun! (foto: dimas.s.s)

Selama di dalam museum, kita akan menjelajah tiap ruangan, bahkan sampai ke kamar mandi sekalipun. Yang menarik adalah, setiap ruangan memiliki manajemen kerapian yang sungguh luar biasa. Bahkan setiap benda diklasifikasikan dan tidak boleh sembarangan menaruh barang. Jika beruntung, kita bisa bertemu langsung dengan pemilik museum loh!

museum tengah kebun
Bagian taman di museum di tengah kebun yang tenang dan sejuk

Pada akhir keliling, kita akan disuguhi minuman hangat dari museum sambil menikmati suasana museum yang begitu tenang untuk mencari inspirasi. Bahkan kita akan diajak berfoto-foto loh. Keren kan kalau foto dengan background-nya bagus bisa masuk sosial media?

Galeri Foto Museum Tengah Kebun oleh Satya Winnie:

Gimana? tertarik untuk berkunjung ke museum? Kalau tertarik langsung aja ke alamat berikut ini:

Museum Tengah Kebun

Jalan Kemang Timur Raya Nomor 66, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730

Buka: Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu

Jam berkunjung: 09.45 – 12.00 dan 12.45 – 14.30

CP: Pak Mirza (021 7196907/ 0877-8238-7666)

Referensi: www.satyawinnie.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.