Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Chicken Fingers Crispy. Kriuk Banget!

0 30

Cripsy chicken fingers ini terinspirasi dari chicken strips ala fastfood restaurant terkenal. Daripada beli terus, mending coba bikin sendiri di rumah. Tak kalah lezat dan kriuk dengan yang ada di resto. Ini resep chicken fingers crispy yang bisa dicoba langsung di rumah.

Bahan yang digunakan pun mudah dan cara membuatnya tak terlalu sulit. Menggunakan bumbu dan rempah asli Indonesia yang akan membuat crispy chicken fingers ini semakin kriuk dan renyah.

Resep chicken fingers crispy ini hampir mirip dengan nugget, yang bikin beda ada kriuknya dan membuatnya lebih mudah. Sisa-sisa tepung yang menggumpal juga bisa digoreng buat kremesan kriuk.

Berikut panduan resep chicken fingers super crispy, pasti semua anggota keluarga menyukainya.

Resep Chicken Fingers Crispy

Berikut daftar bahan utama yang perlu disiapkan untuk membuat chicken fingers crispy:

  • Ayam fillet dipotong-potong sebesar jari, 250 gram
  • Telur, 1 butir
  • Bawang putih dihaluskan, 5 butir
  • Tepung maizena, 3 sendok makan
  • Tepung terigu protein tinggi, 7 sendok makan
  • Lada bubuk, secukupnya
  • Kaldu jamur, secukupnya
  • Minyak goreng, secukupnya
  • Garam, secukupnya

Jika semua bahan utama sudah disiapkan, langsung saja kita olah semua bahan resep chicken fingers crispy di atas. Ini langkah-langkah membuatnya.

Langkah pertama, marinasi ayam dengan garam, bawang putih halus, kaldu jamur, lada. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap merata.

Berikutnya, campurkan dua bahan tepung di atas menjadi satu dan tambahkan juga kaldu jamur, lada, dan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga merata.

Kocoklah telur dan lumuri ayam tadi dengan kocokan telur ini. Ketuk-ketuklah agar telur yang menempel di ayam tidak berlebihan. Lalu, gulingkan ayam di atas tepung. (Tips: Sebaiknya saat memasukkan telur dan mengguling telur di tepung, gunakan tangan yang berbeda agar tepung tidak menempel banget di tangan).

Masukkan adonan ke dalam kulkas dan diamkan selama setengah jam.

Langkah berikutnya, gulingkan lagi ayam ke sisa tepung sebelum digoreng. Panaskan minyak sampai panas sekali. Lalu, kecilkan api. Gorenglah ayam sampai berwarna kuning keemasan menggunakan api kecil. (Tips: Gunakan penggorengan / wajan cekung agar minyak yang digunakan lebih irit).

Crispy chicken fingers sudah siap untuk disajikan saat hangat. Benar-benar kriuk dan garing lho!

=========

Resep di atas bisa juga dimodifikasi untuk membuat ayam geprek. Caranya, cukup buat sambal bawang. Bawang puih mentah, rawit merah mentah, dan garam diulek menjadi satu, lalu siramkan minyak jelantah goreng ke ayam. Jadi deh, ayam geprek.

Resep Chicken Fingers Crispy ala @bumbu.bude a.k.a Dewi Lestari

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.