Jatik.com
to Inspire. be Social.

4 Cara Melatih Kecerdasan Anak Sejak Masih Bayi

Salah satunya dengan interaksi orangtua dan anak yang intens.

0 69

Moms, kecerdasan buah hati kita bisa asah sejak masih bayi lho. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan mereka. Diantaranya dengan 4 cara melatih kecerdasan anak sejak masih bayi ini.

Setiap orangtua pasti menginginkan anak-anaknya bisa tumbuh menjadi sosok yang smart. Dan sebenarnya kecerdasan itu bukan hanya faktor genetik saja. Kita sebagai orangtua bisa melatih kecerdasan anak-anak kita. Keseharian yang dilakukan antara orangtua dan anak, dari masih bayi dapat memberikan pengaruh besar bagi kecerdasan mereka.

Ada beberapa kategori kecerdasan anak yang orangtua juga perlu tahu. Agar sebagai orangtua, dapat memberikan pengarahan ke arah mana potensi kecerdasan anak-anak kita bisa dikembangkan lebih maksimal.

Sebelumnya, kami sudah memberikan beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan bayi melalui aktivitas sehari-hari. Dan, masih ada banyak cara membuat anak-anak kita jauh lebih smart.

Menurut sebagian besar ahli parenting, berikut ini 4 cara melatih kecerdasan anak sejak masih bayi.

  • Menghabiskan waktu bersama antara orangtua dan si kecil

Aktivitas sehari-hari kita sebagai orangtua dan anak-anak saat di rumah, sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya mereka. Habiskan waktu ayah bunda bersama dengan buah hati.

Aktivitas sederhana seperti sekedar mengganti popok atau waktu makan, ayah bunda tak perlu segan untuk selalu melakukan kontak fisik dan mata dengan si kecil. Adanya kontak tersebut yang akan memberikan kehangatan dan meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak kita.

  • Berbagi cerita dengan buah hati

Banyak ahli berpendapat bahwa aktivitas berbagi cerita kepada bayi dapat meningkatkan kecerdasan otaknya dan membuat anak semakin cepat proses belajarnya. Bercerita juga bisa meningkatkan daya imajinasi anak-anak.

Selain berbagi cerita tentang keseharian, Mom juga bisa membacakan beragam cerita dongeng untuk anak-anak.

  • Menampilkan ekspresi wajah dan suara lucu

Cara melatih kecerdasan anak menurut Alison Gopnik yaitu dengan membuat / menampilkan berbagai ekspresi wajah lucu kepada si kecil. Aktivitas ini dapat membantu bayi untuk belajar berkomunikasi dan juga membaca emosi pada wajah orang lain.

Selain itu, membuat berbagai suara lucu yang akan membuat buah hati tertawa juga langkah mudah untuk meningkatkan rasa humor pada si kecil.

  • Mengeluarkan dari stroller

Sebaiknya, kita tidak terlalu sering meletakkan bayi di stroller. Keluarkan mereka dan biarkan mereka merangkak / berjalan sambil terus mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Kegiatan seperti menyentuh benda-benda di sekitar dirinya akan membantu membuat buah hati mempelajari objek di lingkungannya.

Tetapi, tetap diingat untuk selalu mengawasi buah hati kita dan menjaga keselamatannya saat berada di luar stroller ya, Moms!

Dan, masih banyak cara melatih kecerdasan anak sejak masih bayi yang bisa dilakukan oleh orangtua. Yang terpenting, biarkan mereka berkembang lebih baik dengan selalu menjaga interaksi antara orangtua dan anak.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.