Ingin Anak Betah di Rumah? Miliki Minimal 3 Kemampuan Ibu ini

0 151

Peran seorang ibu di dalam keluarga sangatlah besar, terutama bagi anak-anaknya. Besarnya peran ibu tersebut menuntut ibu memiliki skill yang mumpuni. Dari sekian banyak skill yang dibutuhkan bagi seorang ibu, minimal 3 kemampuan ibu ini harus dimiliki. Apa saja ya?

Kehadiran ibu di rumah bagi anak-anak sangat berarti. Tetapi, terkadang, anak-anak merasa kurang betah berada di rumah karena minimnya kasih sayang orangtuanya. Bisa jadi, peran ibu ataupun ayah tidak hadir untuk anak-anaknya.

Jika seorang ibu menginginkan anaknya betah untuk tinggal di rumah dan semakin sayang dengan ibunya, maka ibu pun dituntut untuk memiliki kemampuan mengurus keluarganya.

Minimal 3 skill / kemampuan ibu ini perlu dimiliki agar anak-anak merasakan kebahagian, yaitu:

#1 Skill Memasak

Memang benar, memasak bukan kewajiban utama seorang perempuan, bisa dilihat di hadits manapun.

Tetapi, memasak adalah soal kebutuhan dunia yang bisa mengantarkan seorang ibu ke akhirat.

Makan adalah hal kecil, tetapi bisa berdampak signifikan terhadap kelangsungan hidup rumah tangga. Ketika masakan kita enak dan variatif, otomatis anak kita tidak akan terstimulasi untuk makan di luar atau main lama-lama di tempat temannya.

Dan anak kita akan selalu rindu pulang. Jangankan anak, suami aja tidak bakal lewatin kita kalau tiap hari kita masak yang enak-enak.

#2 Kemampuan Memijat

Sebagian besar psikolog anak mengatakan bahwa, anak kita akan merasa nyaman dan aman ketika kita seringkali mengelus tubuhnya, terutama bagian punggung dan dahi.

Pijatan atau sentuhan untuk anak akan menimbulkan hubungan yang hangat antara Ibu dan anak.

Kemampuan memijat ini sangat penting untuk dimiliki bagi seorang ibu, agar anak-anak merasakan kedekatan dengan ibu.

#3 Kemampuan Mendengar

Siapa sih yang tidak suka didengar ketika berbicara atau berkeluh kesah? Apalagi seorang anak, yang pasti menemui beragam tantangan di lingkungan luar rumah.

Saatnya, Ibu menjadi mesin pendengar dan penghangat bagi kegalauan anak kita. Anak-anak tidak akan curhat kepada orang-orang yang tidak tepat jika mengalami masalah. Mereka akan merasakan kehadiran ibu jika memiliki masalah dan dalam kondisi apapun.

Itulah setidaknya minimal 3 kemampuan ibu yang perlu dimiliki agar tercipta hubungan yang harmonis di dalam keluarga. Dan, masih banyak skill lainnya yang perlu dimiliki oleh seorang ibu.

Tentu saja, bukan hanya kewajiban seorang ibu saja, tetapi juga sangat dibutuhkan peran ayah dalam membuat keluarga semakin hangat dan harmonis.

Loading...