Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Dengan Membekali 6 Hal ini

0 98

Sebagai orangtua berkewajiban untuk dapat mendidik anak-anaknya dan mempersiapkan banyak hal untuk masa depan mereka. Anak-anak menuju dewasa membutuhkan perbekalan yang cukup agar bisa hidup mandiri kelak. Berikut ini cara mendidik anak agar mandiri dengan mempersiapkan bekal penting yang diperlukan mereka.

Dari sekian banyak hal yang perlu ditransfer kepada anak-anak, ada beberapa kemampuan dasar yang itu perlu melekat pada diri anak tersebut. Ini sangat penting agar di kala dewasa nanti, anak-anak bisa mengarungi kehidupannya secara mandiri.

Sebelumnya, telah dibahas beberapa kemampuan / skill hidup yang perlu diajarkan kepada anak-anak kita.

Dibutuhkan pengetahuan tentang cara mendidik anak agar mandiri dengan menyiapkan enam bekal kemampuan ini. Apa saja ya, Bun?

  • Bekal Spiritual

Ini merupakan bekal yang paling utama dan terpenting yang perlu diajarkan kepada anak-anak kita. Ini dilakukan agar kelak anak-anak dapat melakukan sesuatu dengan mempertimbangkan sesuai dengan nilai-nilai dalam agama.

Anak perlu mengetahui sejak dini tentang aspek nilai-nilai agama seperti mana yang baik dan buruk, boleh dan tidak boleh dilakukan, akhlak, adab, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Membekali Pengetahuan Dasar

Sebagai orangtua yang bertanggung jawab mendidik anak-anaknya, salah satunya dengan membekali mereka dengan pengetahuan dasar seperti cara berhitung dan baca tulis.

Baca tulis merupakan modal awal dan utama untuk dapat menguasai pengetahuan / ilmu lainnya. Untuk kemampuan berhitung, tidak hanya berlaku di sekolah saja tetapi juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Banyak aspek yang memerlukan kemampuan berhitung, seperti pengelolaan keuangan rumah tangga ataupun melakukan jual beli.

  • Membekali dengan Budi Pekerti

Sebagai salah satu bagian dari warga bangsa Indonesia yang dikenal dengan keramahan budi pekertinya, maka pembekalan budi pekerti sejak dini itu penting dilakukan. Menghormat orang yang jauh lebih tua, menghargai sesamanya, tata krama, dan aspek budi pekerti lainnya penting diajarkan kepada anak-anak.

Pembekalan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kelak saat mereka sudah menjadi dewasa dan hidup bermasyarakat.

  • Pembekalan Sosial

Orangtua juga perlu mengetahui cara mendidik anak agar mandiri dari aspek sosialnya. Kemampuan yang diperlukan untuk bersosialisasi penting diajarkan sejak kecil. Mengajarkan anak kemampuan verbal seperti berbahasa, public speaking, atau penyampaian pendapat dengan cara yang baik dan benar.

Pembekalan anak dengan berbagai bahasa, selain bahasa ibunya, juga penting dilakukan di era modern. Ini karena anak-anak di masa depan akan bersosialisasi dengan berbagai bangsa dan bahasa.

  • Bekal Olahraga

Kemampuan olah tubuh juga penting dikuasai anak-anak kita agar kelak menjadi pribadi yang sehat secara jasmani. Jenis olahraga yang bisa diajarkan seperti berenang, memanah, atau berkuda.

Anak-anak dapat mendapatkan manfaat kesehatan dalam dirinya. Untuk berenang, bisa diajarkan sejak anak berusia 4 tahun. Di usia tersebut, anak-anak sudah siap untuk menerima pembelajaran tentang cara berenang.

Berkuda atau memanah juga memberikan banyak manfaat bagi anak-anak, seperti meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan daya konsentrasi, serta aspek kemandirian pada anak.

  • Bekal Seni

Salah satu cara mendidik anak agar mandiri adalah dengan memberikan bekal seni kepadanya. Ini penting untuk dapat menyeimbangkan potensi otak kanan dan kiri anak-anak kita.

Skill atau kemampuan seni tersebut dapat diajarkan dari hobi keluarga atau digali potensi minat / bakat seni yang dimiliki oleh anak-anak. Bakat seperti melukis, desain, menyanyi, musik, dapat diasah sejak dini. Selain itu, bekal kemampuan seni ini dapat menyeimbangkan kesehatan jiwa anak-anak.

Itulah enam pembekalan kemampuan dasar yang penting sebagai cara mendidik anak agar mandiri kelak di masa depan. Yuk Bun, ajarkan keenam poin penting tersebut kepada anak-anak kita!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.