Jatik.com
to Inspire. be Social.

Ini Daftar Vitamin untuk Ibu Hamil yang Diperlukan di Masa Kehamilan

Ada beragam vitamin dan manfaatnya bagi ibu hamil.

0 158

Masa kehamilan adalah momen yang mendebarkan bagi sang ibu maupun anggota keluarga lainnya. Di masa-masa ini, sesungguhnya ibu hamil sangat membutuhkan asupan yang bergizi lebih dari sebelum hamil, termasuk asupan vitamin dan nutrisi lainnya. Apa saja vitamin untuk ibu hamil dan manfaatnya? Berikut daftarnya.

Makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting untuk memberikan kekuatan baik bagi si ibu maupun bayi yang ada di dalam kandungan. Asupan makanan yang sehat ini sebaiknya diberikan secara rutin setiap hari agar terpenuhi gizi minimal yang diperlukan bagi ibu dan bayi.

Terkhusus untuk vitamin untuk ibu hamil, ada bermacam vitamin yang diperlukan di masa kehamilan dan manfaatnya bagi ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Selain asupan nutrisi, diperlukan juga latihan dan olahraga yang tepat bagi ibu hamil.

Apa saja vitamin untuk ibu hamil yang dibutuhkan? Berikut beberapa diantaranya:

#1 Vitamin A (retino)

Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan untuk ibu hamil adalah vitamin A. Vitamin ini sangat memiliki manfaat bagi ibu hamil seperti membangun daya tahan tubuh terhadap infeksi dan juga menjaga kesehatan kulit, mata, dan selaput lendir agar tetap dalam keadaan baik.

Manfaat lain dari vitamin A bagi ibu hamil adalah untuk pembentukan rambut, email gigi, kuku dan juga pembentukan dan pertumbuhan kelenjar tiroid.

Darimana sumber vitamin A dapat diperoleh? Vitamin A ada banyak terkandung di dalam sayuran kuning dan hijau seperti wortel. Selain itu, vitamin A juga bisa diperoleh dari makanan susu, putih telur, hati, ikan, dan margarin.

#2 Vitamin B1 (thiamin)

Bagi ibu hamil, vitamin B1 memiliki banyak manfaat antara lain untuk membantu pencernaan, menjaga kesehatan perut dan usus, serta baik untuk kesuburan dan menyusui.

Vitamin B1 bisa ditemukan di makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan juga hati.

#3 Vitamin B2 (riboflavin)

Manfaat vitamin B2 di masa kehamilan ada beberapa, seperti bermanfaat untuk pembuahan dan awal pertumbuhan janin, mencegah masalah kulit dan mata, serta melancarkan pencernaan.

Vitamin B2 bisa didapatkan di makanan seperti ragi, susu, hati, telur, benih gandum, dan sayuran hijau.

#4 Vitamin B3 (niasin)

Selain vitamin B2, ada juga vitamin B3 yang memiliki khasiat di masa kehamilan. Beberapa manfaatnya seperti mencegah infeksi, membangun sel-sel otak, dan mencegah terjadinya pendarahan gusi.

Bunda bisa mendapatkan vitamin B3 dalam makanan seperti benih gandum, telur, minyak ikan, biji-bijian, dan susu.

#5 Vitamin B5 (asam pantothenat)

Ibu hamil juga membutuhan vitamin B5 yang berfungsi untuk menjaga sel-sel darah merah dan penting bagi seluruh fungsi reproduksi.

Makanan yang banyak mengandung vitamin B5 terdapat di ginjal, hati, biji-bijian, telur, dan jantung.

#6 Vitamin B6 (pyridoxine)

Manfaat vitamin ini bagi ibu hamil sunggulah besar. Yaitu untuk mencegah terjadinya anemia dan penyakit syaraf. Anda bisa mendapatkan vitamin ini di jagung, ragi, kentang, biji-bijian, dan sayuran kering.

#7 Vitamin B11 (asam folat)

Bagi ibu hamil, asam folat memiliki peranan penting, diantaranya untuk mencegah kelainan pembuluh syaraf, untuk pembentukan darah, dan perkembangan sistem syaraf pusat bagi janin.

Asam folat bisa ditemukan di dalam makanan seperti hati kambing, sayuran hijau, dan buah kenari.

#8 Vitamin B12 (cyanocobal amin)

Manfaat vitamin B12 di masa kehamilan bagi ibu dan janin adalah untuk pembentukan sistem syaraf pusat janin. Ibu dapat memperoleh vitamin B12 dari asupan makanan seperti kacang kedelai, hati, ikan, susu, dan ragi.

#9 Vitamin C (asam askorbat)

Kandungan asam askorbat (vitamin C) banyak ditemukan di dalam makanan seperti sayuran merah, hijau, dan kuning serta buah jeruk dan buah lainnya.

Vitamin C ini bagi ibu hamil bermanfaat untuk pembentukan placenta yang kuat, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, dan memperbaiki luka baru serta mempercepat proses penyembuhan luka.

#10 Vitamin D (calciferol)

Bunda dapat menemukan vitamin D dalam makanan antara lain minyak ikan, susu, putih telur dan sinar matahari. Vitamin ini memiliki manfaat untuk memperkuat tulang.

#11 Vitamin E

Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin E seperti tauge dan benih gandum. Vitamin ini memiliki manfaat untuk menjaga selaput sel dan pelindung asam-asam lemak tertentu.

#12 Vitamin K

Manfaat vitamin bagi ibu hamil juga besar, khususnya vitamin K ini yaitu untuk membantu proses pembekuan darah. Vitamin K bisa didapatkan di makanan seperti sayuran hijau.

#13 Kalsium

Kalsium sangat diperlukan di masa kehamilan, khususnya bagi janin yaitu untuk pembentukan gigi dan tulang, terutama di masa awal perkembangan bayi.

Kalsium bisa Bunda dapatkan di beberapa bahan makanan antara lain keju, kecambah, susu, ikan, sayuran hijau, dan bunga matahari.

#14 Besi

Bagi ibu hamil, zat besi sangat bermanfaat untu membentuk sel-sel darah merah yang sehat. Zat besi banyak terkandung di bahan makanan seperti kacang merah, daging merah, kuning telur, dan hati.

#15 Seng

Ibu hamil juga memerlukan zat seng yang membantu untuk pembentukan beragam jenis enzim dan juga pembentukan protein. Seng banyak ditemukan di bahan makanan seperti telur, kerang, katul, kecambah, hati, dan bunga matahari.

Itulah daftar vitamin untuk ibu hamil yang sangat dibutuhkan di masa kehamilan dan pasca melahirkan. Tentunya, masih banyak vitamin untuk ibu hamil lainnya yang dibutuhkan bagi kesehatan Bunda dan bayi. Semoga bermanfaat!

Referensi: www.alodokter.com

Loading...
Sumber Alodokter.com
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.