Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

Makanan Penyebab Jerawat Salah Satunya Makanan Pedas? Ini Faktanya!

Ups, benarkah mengkonsumsi makanan pedas menyebabkan jerawat?

0 17

Ada banyak penyebab jerawat yang muncul pada diri seseorang. Salah satu penyebabnya bisa berasal dari asupan makanan yang masuk ke tubuh. Apakah makanan pedas termasuk salah satu makanan penyebab jerawat? Ini penjelasannya.

Terdapat beragam jenis jerawat yang menempel di wajah seseorang, dan faktor penyebabnya pun berbeda-beda. Jerawat muncul ada yang karena faktor kebersihan, faktor genetik, dan juga asupan makanan penyebab jerawat.

Lalu, apakah makanan pedas merupakan salah satu makanan penyebab jerawat? Berikut fakta-faktanya!

  • Sirkulasi Darah Meningkat Salah Satunya Karena Makanan Pedas

Sirkulasi darah yang meningkat dengan cepat akan membuat tubuh lebih mudah untuk berkeringat. Dampaknya, suhu tubuh menjadi lebih hangat / panas sehingga mengeluarkan keringat yang deras.

Pada beberapa orang, peningkatan sirkulasi darah tersebut akan membuat tubuh menjadi memerah. Keringat yang muncul inilah yang menjadi pemicu awal munculnya jerawat.

  • Minyak Alami Ditransfer Cabe ke Dalam Kulit

Di dalam cabe, pada dasarnya, terkandung banyak minyak alami. Jika kamu senang mengkonsumsi cabe-cabean, minyak alami di dalamnya akan ditransfer ke dalam kulit dan kemudian mengendap dalam kelenjar minyak.

Kita ketahui bahwa kulit memproduksi minyak secara alami. Minyak akan bertambah karena akumulasi dari minyak alami saat kamu sering mengkonsumsi makanan mengandung cabe dan berlemak lainnya.

Hal ini yang menjadi penyebab kulit menjadi lebih berminyak dan berpotensi untuk muncul jerawat. Tidak heran, bagi penggemar makanan pedas mempunyai jenis kulit berminyak.

  • Pori-pori Wajah Terbuka Lebar saat Mengkonsumsi Makanan Pedas

Saat tubuh berkeringat dan berminyak, maka pori-pori wajah akan terbuka lebar. Terbukanya pori-pori ini akan menyebabkan minyak dan keringat akan keluar bersamaan. Tetapi, yang menjadi masalah adalah tidak semua minyak dan keringat keluar sempurna.

makanan penyebab jerawat itu makanan pedas
Fakta hubungan antara jerawat dan kesehatan.

Terdapat sisa-sisa minyak dan keringat yang mengendap dan berdampak pada penyumbatan pori-pori. Pori-pori yang mengalami penyumbatan inilah sebagai cikal bakal jerawat muncul.

  • Pori-pori Terbuka Lebar juga Memudahkan Kotoran Masuk

Masih dampak lanjutan dari sebelumnya bahwa pori-pori kulit yang terbuka lebar (membesar) akan memudahkan kotoran seperti debu / udara kotor masuk. Kotoran ini akan masuk dan mengendap di dalam kulit serta menyebabkan sel kulit mati susah untuk diangkat. Kulit menjadi rentan terhadap jerawat dan kusam.

Kotoran yang menyumbat pori-pori kulit menjadi penyebab jerawat meradang.

  • Sebagai Antisipasi, Seimbangkan dengan Terbiasa Mengkonsumsi Air Putih

Makanan pedas yang merupakan makanan penyebab jerawat dapat diantisipasi dengan mengkonsumi air putih yang cukup. Air putih dapat membantu mengurangi produksi minyak yang berlebihan oleh kulit. Tak hanya berfungsi sebagai penetralisir pedas, juga membantu kulit lebih terjaga dan lembap.

Pastinya, menetralkan produksi minyak oleh kulit tidak cukup dengan 1-2 gelas air putih. Diperlukan konsumsi air putih dengan jumlah minimal 8 liter setiap harinya agar minyak di kulit meluruh. Sehingga tidak menjadi penyebab kulit berminyak untuk jangka panjang.

  • Rutin untuk Membersihkan Wajah

Di saat dirimu mengkonsumsi makanan pedas, dianjurkan untuk selalu siap tisu / kapas atau pun langsung cuci muka hingga bersih. Saat makan makanan pedas, segerakan untuk membersihkan keringat dan minyak yang ada di wajah.

Langkah ini dapat mencegah pori-pori kulit wajah semakin terbuka lebar dan menutup potensi munculnya jerawat sejak dini.

  • Jika Perlu, Konsumsi Larutan Penyegar

Selain air putih, dianjurkan untuk juga mengkonsumsi minuman larutan penyegar sesaat setelah makan makanan pedas. Selain menghindari terjadinya panas dalam di tenggorokan, larutan penyegar ini juga bisa menetralkan suhu panas dalam tubuh.

Akan jauh lebih baik jika mengkonsumsi larutan penyegar dengan kandungan vitamin C. Kenapa? Karena vitamin C bermanfaat untuk pembentukan kolagen kulit sehingga tumbuhnya jerawat dapat dicegah sedini mungkin. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan di kulit.

  • Bolehkah Mengkonsumsi Makanan Pedas?

Boleh, asalkan seimbang. Karena makanan pedas termasuk salah satu makanan penyebab jerawat yang telah dijabarkan sebelumnya, tetap diperbolehkan mengkonsumsinya asalkan seimbang.

Dalam cabe juga terkandung vitamin C tinggi yang bermanfaat untuk membuat tubuh lebih bugar dan mereduksi tingkat stres / depresi. Yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah asupan makanan pedas yang dikonsumsi setiap harinya.

Sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas karena juga berpotensi membuat pencernaan bermasalah. Tubuh setiap orang berbeda, dan tak semuanya dapat menerima asupan makanan pedas dengan jumlah banyak. Jadi, boleh mengkonsumsi asalkan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

  • Mengkompres Wajah dengan Es Batu

Sebagai bentuk perawatan rutin, kamu bisa mengkompres wajahmu menggunakan es batu untuk mengecilkan pori-pori wajah. Wajahmu akan terasa lebih lembap dan minyak yang berlebihan dapat diatasi.

Kamu bisa menerapkan langkah ini secara rutin setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Menyeimbangkan Nutrisi dengan Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Agar nutrisi tubuh, khususnya kulit, menjadi lebih seimbang, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Dengan asupan sayuran dan buah-buahan ini dapat menjadikan kulit lebih segar dan lembap. Produksi minyak berlebihan di kulit wajah akan lebih terkontrol.

Itulah beberapa fakta mengapa makanan pedas termasuk salah satu makanan penyebab jerawat yang perlu kamu ketahui! Seimbangkan asupan makanan untuk mencegah timbulnya jerawat dan berbagai langkah antisipatif lainnya.

Referensi Bacaan: www.avoskinbeauty.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

lima × empat =