Menjelajah Panorama Alam di 12 Rute Kereta Api Wisata dari Berbagai Negara yuk!

0 268

Kamu pernah naek kereta api wisata? Bagaimana rasanya? Bagi sebagian besar orang, kereta api merupakan alat transportasi favorit dibandingkan dengan alat transportasi lainnya. Kereta api menawarkan sensasi tersendiri ketika bepergian. Bahkan, bagi para traveller, lebih memilih kereta api karena kenyamanan, efisiensi biaya, dan pemandangan alam yang tak terlupakan.

Bagaimana dengan kereta api wisata? Kereta api wisata menawarkan pengalaman yang tentu tak terlupakan. Rute kereta api wisata umumnya melewati rute-rute yang tidak biasa alias menakjubkan. Dengan perjalanan yang tidak terlalu cepat, udara segar dari alam di sekitar, panorama alam yang menyejukkan mata, keramahan alam lainnya yang pasti tak akan terlupakan. Berikut ini beberapa rute kereta api wisata yang paling populer dari berbagai negara, siapa tau suatu saat kamu bisa naik kereta api wisata tersebut. Cekidot!

#1 Rute kereta api wisata Danau Singkarak

kereta_api_danau_singkarak

Sumber Gambar: www.skyscrapercity.com

Rute ini salah satu rute indah kereta api wisata di Indonesia. Kereta api melewati tanah Minang yang sungguh amboiii cantik nian alamnya. Kereta api wisata hanya berjalan sekali di hari minggu yang melintasi Danau Singkarak, dari SawahLunto ke Batu Tabal PP. Kereta api wisata berjalan dengan kecepatan sedang, membelah perbukitan, melewati perkampungan tradisional, menyusuri lembah hijau dengan pepohonan yang ditutupi kabut, serta sungai jernih yang mengalir deras. Selain itu, kereta api ini juga melewati persawahan yang menguning sebelum melewati rute utama Danau Singkarak. Jika cuaca cerah, maka Danau Singkarak akan tampak indah di pagi hari, tetapi jika tidak maka akan tampak kabut layaknya menaiki Hogwarts Express di film Harry Potter.

#2 Bergen Railway, Norwegia

bergen_railway

Sumber Gambar: travel.allwomenstalk.com

Bergen Railway adalah salah satu rute kereta api wisata yang paling favorit bagi traveller. Pemandangan indah Skandinavia, puncak gunung bersalju dan padang rumput adalah beberapa keindahan yang ditawarkan rute ini dari Bergen ke Oslo. Kereta api ini membelah pegunungan Hardangervidda, dataran pegunungan tertinggi di Eropa. Finse, di 1.222 meter di atas permukaan laut, adalah titik tertinggi dari rute ini. Bergen Railway adalah rute kereta api populer dengan turis dan penumpang, dan melayani sejumlah resor ski di sepanjang jalan, sehingga selalu sibuk di musim dingin dan di musim panas.

#3 West Rhine Railway, Jerman

West-Rhine-Railway-Germany

Sumber Gambar: www.amazyble.com

Kereta api membentang dari Mainz ke Koblenz dan ada banyak hal yang bisa dilihat, seperti lembah Rhine. Rute ini melewati sepanjang tepi barat sungai Rhine yang berliku-liku. Dengan pemandangan alam bukit yang indah, air yang tenang, dan lereng yang ditumbuhi kebun anggur membuat rute ini tak akan pernah terlupakan.

#4 Bernina Express Railway, Swiss ke Jerman

Bernina-Express-Railway-Switzerland-to-Italy

Sumber Gambar: lifehack.org

Bernina Express Railway merupakan rute yang menakjubkan. Rute ini melewati bagian dari Pegunungan Alpen, Swiss dan pedesaan Swiss yang cantik. Rute ini telah ditetapkan di bawah perlindungan UNESCO sebagai warisan dunia.

#5 Christchurch ke Greymouth Railway, Selandia Baru

Christchurch-to-Greymouth-Railway-New-Zealand

Sumber Gambar: www.lifehack.org

Selama perjalanan dari Alpen Selatan di Selandia Baru, dari Christchurch ke Greymouth, kamu akan melihat dataran Canterbury dan Sungai Waimakariri, dan pemandangan menakjubkan lainnya. Kereta perlahan naik melalui ngarai spektakuler dan lembah-lembah sungai Sungai Waimakariri dari Alpen Selatan ke desa Arthurs Pass untuk istirahat sejenak sebelum turun melalui terowongan Otira ke Pantai Barat Selandia Baru Pulau Selatan, melalui hutan hujan yang subur di Greymouth, serta gletser yang populer di Franz Josef dan Fox Glacier.

#6 Douro Line Railway, Portugal

douro_railway

Sumber Gambar: www.panoramio.com

Jalur kereta api Portugal Utara yang indah, kemudian dinamai Douro pertama kali dimulai pada tahun 1887. Penamaan ini mengikuti sungai Douro, yang berada di sepanjang perjalanan. Kamu akan melihat pemandangan yang menakjubkan dan lembah.

#7 The Royal Scotsman, Skotlandia

royal_scotsman

Sumber Gambar: www.jamiesquibbs.com

Nikmati pengalaman mewah kelas atas dari Edinburgh, menikmati Dataran Tinggi Skotlandia yang megah bersama dengan alunan musik khas Skotlandia serta pemandangan hijau yang indah.

#8 Danube Express, Hungaria ke Turki

danube-express-exterior

Sumber Gambar: europe.newsweek.com

Rute dimulai dari Eropa Timur, di Budapest, semua jalan ke Istanbul oriental di Turki melalui Transylvania (Rumania) dekat rumah Dracula.

#9 Konkan Railway, India

konkan_railway

Sumber Gambar: indiasomeday.com

Konkan Railway adalah jalur kereta api yang membentang di sepanjang pantai Konkan India. Berjalan dari Thokur,dekat Mangalore di Karnataka ke stasiun kereta api Roha di Maharashtra melalui Goa, di sepanjang pantai barat India dan Ghats Barat. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai Laut Arab, memancar air terjun, pegunungan,adalah beberapa contoh rute yang dilewati wisatawan. Selain menikmati pemandangan India yang indah, mereka jugadapat bepergian dengan kereta api India. Indian Railways adalah ikon untuk budaya India.

#10 Rovos Rail, Afrika Selatan

rovos_rail

Sumber Gambar: www.tcsworldtravel.com

Rovos Rail berjalan di berbagai rute di seluruh Afrika Selatan, dari Afrika Selatan ke Namibia dan TanzaniaKereta memiliki jenis: Pullman, Royal Suite, yang terkecil adalah Pullman, dan yang terbesar adalah Royal SuiteSemua jenis kabin memiliki layanan mandi, wastafel dan toilet. The Royal juga memiliki bathtub bergaya VictoriaKereta menggabungkan zaman keemasan perjalanan kereta api dengan kenyamanan modern, dan menciptakan keanggunan mewah yang tak terlupakan dari zaman dulu.

#11 Al Andalus Express, Spanyol

al_andalus

Sumber Gambar: blog.irtsociety.com

Sejak tahun 1930, Al Andalus Express dari Sevilla ke Cordoba telah memberikan orang kesempatan untuk mendapatkan pengalaman indah pemandangan Andalusia dengan santai. Dilengkapi dengan fasilitas kamar tidur mewah, ruang makan, bar, dan lounge yang tak mewah juga. Pemandangan perbukitan Andalusia, pepohonan hijau, air mengalir menjadikan rute ini, rute mewah yang eksotis.

#12 Denali Star, Alaska

denali_star

Sumber Gambar: www.alaska.org

Selama 12 jam perjalanan dengan kereta akan melewati banyak kota-kota kecil yang menawan dan desa-desa. Rute ini juga akan membawa kamu ke pemandangan menakjubkan Taman Nasional Denali.

Beberapa rute kereta api wisata di atas sungguh sangat menakjubkan. Jika kamu berkesempatan berkeliling dunia, jangan lupa tuk mencoba beberapa kereta api wisata di atas. Kamu punya kereta api wisata favorit? Share yuk dengan kita.

Referensi: amazyble.com ; donetsetyoaji.wordpress.com

Loading...