10 Fakta Menarik Tentang Jepang yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Jalan-jalan ke Negeri Sakura tersebut!

1 226

Jepang, sebagai salah satu kawasan di Asia yang merupakan salah satu negara modern secara teknologi, tetapi tetap tidak meninggalkan budaya asli mereka. Jepang sangat menarik untuk menjadi salah satu objek travelling buat kamu yang suka jalan-jalan. Apalagi, ke Jepang sekarang sudah bebas visa kunjungan (15 hari) buat kamu yang menggunakan e-passport.  Dengan kebebasan tersebut, merencanakan liburan ke Osaka, Kyoto atau Tokyo semudah pergi ke salah satu kota di negara tetangga saja!

Tetapi, ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui sebelum kamu melakukan perjalanan ke Jepang, agar kamu tidak canggung di negeri Sakura tersebut. Apa saja fakta menarik tentang Jepang? Yuk, simak berikut ini.

#1 Berikan hadiah kepada tuan rumah kamu di Jepang

hadiah

Sumber Gambar: www.whoa.in

Jika kamu berencana liburan di Jepang untuk beberapa hari, dan kamu menginap di salah satu rumah warga Jepang, maka kamu harus menghargai tuan rumah tersebut. Salah satu penghargaan yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan sebuah hadiah kepada tuan rumah. Hadiah tersebut sebaiknya dibungkus dengan indah. Warga Jepang sangat senang apabila ada orang lain yang memberikannya hadiah. Sebaliknya, apabila kamu mendapatkan hadiah dari orang Jepang, sebaiknya untuk tidak membuka hadiah tersebut di depan pemberi hadiah.

#2 Jangan pernah bersin di depan umum

bersin

Sumber Gambar: www.businessinsider.com

Di Jepang, bersin di depan umum itu tidak sopan. Jika kamu merasa ingin bersin, segera cari kamar mandi umum untuk kamu bisa bersin di kamar mandi tersebut.

#3 Jangan memberikan tip uang

tip_uang

Sumber Gambar: www.spoonwiz.com

Jika kamu merasa nyaman dengan pelayanan warga Jepang, jangan pernah memberikan tip berupa uang. Mereka lebih menyenangi kamu memberikan hadiah.

#4 Orang Jepang mungkin akan bersandar di bahumu

bersandar_di_bahu

Sumber Gambar: www.businessinsider.com

Ya, di Jepang adalah normal apabila kamu dijadikan bantal jika orang Jepang tertidur di kereta. Jadi, sebaiknya kamu tidak kaget dengan hal ini.

#5 Hotel Kapsul boleh dicoba!

Capsule hotel

Sumber Gambar: darkroom.baltimoresun.com

Buat kamu yang ketinggalan kereta dan butuh tempat untuk istirahat, kamu bisa menggunakan hotel kapsul. Dinamakan hotel kapsul, karena bentuknya hanya berupa tempat tidur yang memanjang seperti kapsul. Jenis hotel ini sudah lama eksis sejak tahun 1970.

#6 Makan dengan menyeruput itu sopan

makan_seruput

Sumber Gambar: secondcitygal.com

Jika kamu sedang makan menyeruput (makan dengan bersuara) itu menunjukkan kamu menikmati makanan tersebut. Jika tidak, kamu berarti tidak suka dengan makanan tersebut.

#7 Gunakan sandal

Japanese_house_slippers

Sumber Gambar: en.wikipedia.org

Di Jepang, tidak ada yang memasuki rumah dengan menggunakan sepatu. Kamu harus memakai sandal khusus ketika di rumah. Jika di kamar mandi, juga ada sandal khusus yang disediakan.

#8 Kamu akan didorong masuk di kereta yang sesak

petugas_kereta

Sumber Gambar: www.businessinsider.com

Ya. Jangan kaget. Jika kamu menggunakan kereta api di Jepang pada jam-jam sibuk, kamu akan didorong masuk oleh petugas khusus. Mereka punya tugas khusus untuk itu.

#9 Makan sambil jalan itu jorok

eating_while_walking

Sumber Gambar: www.toobusytoeat.com

Jika kamu terbiasa makan / nyemil sambil jalan, maka pertimbangkanlah jika berada di Jepang. Makan semua cemilan, kecuali es krim, dengan berjalan, dianggap jorok.

#10 Hindari penggunaan angka 4

angka_4_di_jepang

Sumber Gambar: thechive.com

Bagi warga Jepang, angka 4 itu adalah angka buruk. Angka 4 dalam bahasa Jepang hampir mirip dengan kata “kematian”. Jadi, mereka tidak menyukai angka 4.

Referensi: www.businessinsider.com

Loading...